Tenaga Pemasar Operasional Penjualan

Terdapat 6 unit dalam skema ini:

No. Kode Unit Nama Unit
1 M.702090.001.01 Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan
2 M.702090.002.01 Melaksanakan komunikasi efektif
3 M.702090.003.01 Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
4 M.702090.004.01 Melakukan Pendekatan kepada calon pelangan potensial
5 M.702090.005.01 Melaksanakan keterampilan penjualan
6 M.702090.006.01 Menyusun rencana aktifitas penjualan
Unit #1: Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan

Kode unit:
M.702090.001.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi elemen strategi pemasaran perusahaan

1.1. Definisi segmentasi, targeting, positioning dijelaskan

1.2. Segmentasi perusahaan diuraikan

1.3. Target segmen diidentifikasi

1.4. Positioning yang ditetapkan dijabarkan

2. Mengidentifikasi elemen taktik pemasaran perusahaan

2.1. Definisi diferensiasi, bauran pemasaran dan penjualan (selling) dijelaskan

2.2. Kerangka diferensiasi secara infrastructure, content, context, dan content diidentifikasi

2.3. Elemen-elemen dalam bauran pemasaran dijabarkan

2.4. Tipe-tipe pendekatan penjualan (selling) diidentifikasi

3. Mengidentifikasi elemen value pemasaran perusahaan

3.1. Definisi merek (brand), layanan (service), proses (process) dijelaskan

3.2. Ekuitas merek (Brand equity) dan elemen pembentuknya dijelaskan

3.3. Dimensi kualitas pelayanan (service quality) dijabarkan

3.4. Konsep quality, cost, delivery dan kaitannya dengan proses diuraikan


Unit #2: Melaksanakan komunikasi efektif

Kode unit:
M.702090.002.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi model gaya komunikasi seorang pelanggan

1.1. Gaya komunikasi pelanggan diidentifikasi

1.2. Teknik dalam menghadapi pelanggan dengan gaya komunikasi yang berbedabeda dilakukan

2. Melaksanakan komunikasi langsung menggunakan bahasa verbal dan non verbal

2.1. Pemilihan kata-kata saat berkomunikasi dipertimbangkan

2.2. Bahasa tubuh dan ekspresi wajah dikendalikan

2.3. Tata penampilan profesional dilaksanakan

2.4. Komunikasi antara pelanggan dan staff dilaksanakan


Unit #3: Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)

Kode unit:
M.702090.003.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mempersiapkan topik pesan yang akan disampaikan

1.1. Tujuan penulisan ditentukan

1.2. Kerangka pesan yang dapat menggambarkan kalimat pembuka, pesan inti serta kalimat penutup dipersiapkan

2. Menuliskan pesan sesuai topik

2.1. Nama jabatan serta nama perusahaan dituliskan

2.2. Kerangka pesan yang ada dituliskan


Unit #4: Melakukan Pendekatan kepada calon pelangan potensial

Kode unit:
M.702090.004.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mendapatkan data calon pelanggan potensial (prospecting)

1.1. Teknik mencari pelanggan potensial referral atau non-referral dilakukan

1.2. Data pelanggan yang lengkap akurat dan relevan didapat

2. Menghubungi calon pelanggan potensial

2.1. Kontak melalui beragam media komunikasi (telepon e-mail short message service dll) dilakukan

2.2. Jadwal pertemuan (meeting) dengan calon pelanggan potensial didapat


Unit #5: Melaksanakan keterampilan penjualan

Kode unit:
M.702090.005.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Membuka percakapan dengan calon pelanggan potensial

1.1. Nama jabatan serta perusahaan tempat bekerja diperkenalkan

1.2. Tujuan pertemuan disebutkan

1.3. Percakapan untuk mencairkan suasana (icebreaking) dilakukan

2. Melaksanakan penggalian kebutuhan (probing) terhadap calon pelanggan potensial

2.1. Teknik penggalian kebutuhan pelanggan berupa pertanyaan situasi (situation) masalah (problem) dampak dari masalah (implication) dilaksanakan

2.2. Solusi pemenuhan kebutuhan (need payoff) pelanggan ditawarkan

3. Melaksanakan presentasi penjualan

3.1. Tipe presentasi yang akan disampaikan apakah bertujuan untuk menyampaikan informasi berusaha melakukan persuasi atau sekedar memberikan hiburan ditentukan

3.2. Berbagai perlengkapan yang dibutuhkan seperti alat penampil presentasi penunjuk laser (laser pointer) layar putih dan berbagai perlengkapan lainnya disiapkan

3.3. Pesan utama dalam presentasi disampaikan

4. Melaksanakan penanganan terhadap keberatan pelanggan

4.1. Feature Advantage Benefit (FAB) dari produk/jasa yang disebutkan

4.2. Hal yang menjadi keberatan pelanggan dijawab dengan menyebutkan nilai (value) yang terdapat pada produk/jasa yang ditawarkan

5. Melaksanakan Negosiasi

5.1. Skenario negosiasi (shopping list) disiapkan

5.2. Taktik negosiasi pelanggan diidentifikasi

5.3. Hal yang menjadi concern pelanggan diakomodir (win-win solution)

6. Memfasilitasi komitmen pembelian (closing)

6.1. Waktu dan tanda-tanda (verbal dan nonverbal) yang tepat untuk penutupan penjualan diidentifikasi

6.2. Teknik untuk penutupan penjualan dilakukan


Unit #6: Menyusun rencana aktifitas penjualan

Kode unit:
M.702090.006.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Melaksanakan pengelolaan waktu

1.1. Daftar dan target pekerjaan harian dibuat

1.2. Prioritas pekerjaan dalam sehari ditentukan

2. Melaksanakan pengelolaan teritori

2.1. Teritori yang menjadi tanggungjawab pekerjaannya dipetakan

2.2. Prioritas pelanggan ditentukan

2.3. Rencana kunjungan berdasarkan teritori ditentukan


© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma