Terdapat 5 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | M.702090.001.01 | Mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan |
2 | M.702090.002.01 | Melaksanakan komunikasi efektif |
3 | M.702090.003.01 | Melaksanakan penulisan bisnis (business writing) |
4 | M.702090.007.01 | Mewujudkan kepuasan pelanggan |
5 | M.702090.008.01 | Menangani Keluhan Pelanggan |
Kode unit: M.702090.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi elemen strategi pemasaran perusahaan |
1.1. Definisi segmentasi, targeting, positioning dijelaskan 1.2. Segmentasi perusahaan diuraikan 1.3. Target segmen diidentifikasi 1.4. Positioning yang ditetapkan dijabarkan |
2. Mengidentifikasi elemen taktik pemasaran perusahaan |
2.1. Definisi diferensiasi bauran pemasaran dan penjualan (selling) dijelaskan 2.2. Kerangka diferensiasi secara infrastructure content context dan content diidentifikasi 2.3. Elemen-elemen dalam bauran pemasaran dijabarkan 2.4. Tipe-tipe pendekatan penjualan (selling) diidentifikasi |
3. Mengidentifikasi elemen value pemasaran perusahaan |
3.1. Definisi merek (brand) layanan (service) proses (process) dijelaskan 3.2. Ekuitas merek (Brand equity) dan elemen pembentuknya dijelaskan 3.3. Dimensi kualitas pelayanan (service quality) dijabarkan 3.4. Konsep quality cost delivery dan kaitannya dengan proses diuraikan |
Kode unit: M.702090.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi model gaya komunikasi seorang pelanggan |
1.1. Gaya komunikasi pelanggan diidentifikasi 1.2. Teknik dalam menghadapi pelanggan dengan gaya komunikasi yang berbeda-beda dilakukan |
2. Melaksanakan komunikasi langsung menggunakan bahasa verbal dan non verbal |
2.1. Pemilihan kata-kata saat berkomunikasi dipertimbangkan 2.2. Bahasa tubuh dan ekspresi wajah dikendalikan 2.3. Tata penampilan professional dilaksanakan 2.4. Komunikasi antara pelanggan dan staff dilaksanakan |
Kode unit: M.702090.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan topik pesan yang akan disampaikan |
1.1. Tujuan penulisan ditentukan 1.2. Kerangka pesan yang dapat menggambarkan kalimat pembuka, pesan inti serta kalimat penutup dipersiapkan |
2. Menuliskan pesan sesuai topik |
2.1. Nama, jabatan serta nama perusahaan dituliskan 2.2. Kerangka pesan yang ada dituliskan |
Kode unit: M.702090.007.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menggali kebutuhan layanan pelanggan |
1.1. Kebutuhan dasar pelanggan diidentifikasi 1.2. Permintaan pelanggan dikonfirmasikan ulang 1.3. Layanan yang sesuai ditawarkan 1.4. Ekspektasi kinerja layanan diciptakan |
2. Menyiapkan Pelaksanaan Layanan |
2.1. Seluruh sarana penunjang pelaksanaan layanan dipersiapkan 2.2. Kebutuhan layanan pelanggan dikomunikasikan kepada seluruh personil yang terlibat |
3. Melaksanakan layanan Prima |
3.1. Layanan yang tepat sesuai permintaan pelanggan diberikan 3.2. Elemen fisik dan/atau penampilan dijaga sesuai kebutuhan pelanggan 3.3. Ketanggapan terhadap permintaan tambahan dari pelanggan dilaksanakan 3.4. Empati terhadap pelanggan ditunjukkan |
Kode unit: M.702090.008.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menerima Keluhan Pelanggan |
1.1. Keluhan pelanggan didengarkan sepenuhnya, tanpa memotong 1.2. Keluhan pelanggan dikonfirmasi ulang 1.3. Permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami disampaikan 1.4. Langkah-langkah yang akan diambil untuk menanggapi keluhan dijelaskan 1.5. Tenggat waktu penanganan keluhan disampaikan 1.6. Catatan tertulis terhadap keseluruhan keluhan pelanggan dibuat |
2. Mempersiapkan Penanganan Keluhan Pelanggan |
2.1. Keseluruhan rincian keluhan pelanggan dikomunikasikan kepada seluruh pihak yang terlibat 2.2. Sebab utama keluhan pelanggan diidentifikasi 2.3. Kondisi spesifik pelanggan yang mempengaruhi penanganan diidentifikasi 2.4. Skala prioritas penanganan ditentukan berdasarkan jenis keluhan maupun tipe pelanggan 2.5. Rencana penanganan keluhan pelanggan disusun |
3. Melaksanakan Penanganan Keluhan Pelanggan |
3.1. Permohonan maaf kepada pelanggan disampaikan 3.2. Penyebab utama terjadinya keluhan pelanggan dijelaskan 3.3. Solusi terhadap keluhan pelanggan ditawarkan 3.4. Kesediaan pelanggan menerima solusi dikonfirmasikan ulang 3.5. Alternatif solusi penanganan keluhan pelanggan ditawarkan 3.6. Ucapan terima kasih terhadap kesediaan pelanggan menerima alternatif solusi disampaikan 3.7. Informasi mengenai standar layanan prima perusahaan diberikan secara lengkap |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma