Tenaga Pemasar Manajerial Penjualan

Terdapat 5 unit dalam skema ini:

No. Kode Unit Nama Unit
1 M.702090.012.01 Melakukan analisa lingkungan bisnis
2 M.702090.013.01 Menyusun elemen pemasaran perusahaan
3 M.702090.014.01 Menyusun rencana penjualan (sales plan)
4 M.702090.015.01 Menyusun rencana pengelolaan akun
5 M.702090.016.01 Melaksanakan pembinaan (coaching) dan penyuluhan (counselling) terhadap tenaga penjual
Unit #1: Melakukan analisa lingkungan bisnis

Kode unit:
M.702090.012.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi Perubahan Lingkungan

1.1. Perubahan teknologi, sosial budaya, ekonomi, politik legal dan perubahan pasar diidentifikasi

1.2. Kebijakan perusahaan secara makro dikaji ulang

2. Menjabarkan Situasi Persaingan Pasar

2.1. Informasi kompetitor dicari

2.2. Informasi kompetitor dianalisa

2.3. Hasil analisa informasi kompetitor dievaluasi

3. Mengidentifikasi Situasi Pelanggan

3.1. Situasi pelanggan dari segi cognitive, conative, dan affective diidentifikasi

3.2. Market share, market size dan market growth terhadap pelanggan dievaluasi

4. Melakukan Analisa komprehensif terhadap perusahaan

4.1. Situasi eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) dievaluasi

4.2. Situasi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dikaji ulang

4.3. Strategic Intent perusahaan ditetapkan


Unit #2: Menyusun elemen pemasaran perusahaan

Kode unit:
M.702090.013.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Merencanakan elemen strategi pemasaran perusahaan

1.1. Segmentasi perusahaan dievaluasi

1.2. Target segmen ditentukan

1.3. Positioning ditetapkan dengan menggunakan kerangka yang ada

2. Menentukan elemen taktik pemasaran perusahaan

2.1. Kerangka diferensiasi secara infrastructure, content, context, dan content disusun

2.2. Elemen-elemen dalam bauran pemasaran dikaji ulang

2.3. Tipe-tipe pendekatan penjualan (selling) dikaji ulang

3. Mengkaji ulang elemen value pemasaran perusahaan

3.1. Brand equity (ekuitas merek) dan elemen pembentuknya dikaji ulang

3.2. Dimensi kualitas pelayanan (service quality) ditetapkan

3.3. Konsep quality, cost, delivery dan kaitannya dengan proses dikaji ulang


Unit #3: Menyusun rencana penjualan (sales plan)

Kode unit:
M.702090.014.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Merencanakan target penjualan masingmasing tenaga penjual yang ingin dicapai

1.1. Pencapaian penjualan tahun sebelumnya dihitung

1.2. Besaran potensi pasar yang dituju dihitung

2. Merencanakan cara yang akan digunakan untuk mencapai target penjualan

2.1. Segmen pasar yang akan dituju diidentifikasi

2.2. Tahapan pada go to market strategy dijabarkan

2.3. Alat bantu yang dapat digunakan pada setiap tahap go to market strategy ditetapkan ke dalam lembar rencana


Unit #4: Menyusun rencana pengelolaan akun

Kode unit:
M.702090.015.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Melaksanakan pengumpulan informasi untuk pengelolaan akun

1.1. informasi tingkat 1 hingga 4 dikumpulkan

1.2. Informasi yang digunakan sebagai acuan dalam perencanaan pengembangan akun diolah

2. Melaksanakan proses perencanaan akun (account planning)

2.1. Penetapan tujuan (goal) dalam proses perencanaan akun (account planning) dijabarkan

2.2. Penetapan rencana tindakan (action plan) dalam proses perencanaan akun (account planning) dirancang


Unit #5: Melaksanakan pembinaan (coaching) dan penyuluhan (counselling) terhadap tenaga penjual

Kode unit:
M.702090.016.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi kebutuhan pembinaan dan penyuluhan

1.1. Kinerja tenaga penjual dievaluasi

1.2. Area yang perlu mengalami perbaikan diidentifikasi

2. Menerapkan strategi pembinaan dan penyuluhan

2.1. Arahan mengenai perbaikan terhadap kompetensi kerja tenaga penjual diinformasikan

2.2. Pendekatan emosional untuk arahan non-kompetensi dilakukan


© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma