Tenaga Pemasar Manajerial Layanan

Terdapat 5 unit dalam skema ini:

No. Kode Unit Nama Unit
1 M.702090.012.01 Melakukan analisa lingkungan bisnis
2 M.702090.013.01 Menyusun elemen pemasaran perusahaan
3 M.702090.017.01 Mengelola program loyalitas pelanggan
4 M.702090.018.01 Mengelola momen kebenaran (moment of truth)
5 M.702090.019.01 Mengelola lingkungan layanan (service environment)
Unit #1: Melakukan analisa lingkungan bisnis

Kode unit:
M.702090.012.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi perubahan lingkungan

1.2. Kebijakan perusahaan secara makro dikaji ulang

1.1. Perubahan teknologi, sosial budaya, ekonomi, politik legal dan perubahan pasar diidentifikasi

2. Menjabarkan Situasi persaingan pasar

2.1. Informasi kompetitor dicari

2.2. Informasi kompetitor dianalisa

2.3. Hasil analisa informasi competitor dievaluasi

3. Mengidentifikasi Situasi Pelanggan

3.1. Situasi pelanggan dari segi cognitive, conative, dan affective diidentifikasi

3.2. Market share, market size dan market growth terhadap pelanggan dievaluasi

4. Melakukan Analisa komprehensif terhadap perusahaan

4.1. Situasi eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) dievaluasi

4.2. Situasi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dikaji ulang

4.3. Strategic Intent perusahaan ditetapkan


Unit #2: Menyusun elemen pemasaran perusahaan

Kode unit:
M.702090.013.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Merencanakan elemen strategi pemasaran perusahaan

1.1. Segmentasi perusahaan dievaluasi

1.2. Target segmen ditentukan

1.3. Positioning ditetapkan dengan menggunakan kerangka yang ada

2. Menentukan elemen taktik pemasaran perusahaan

2.2. Elemen-elemen dalam bauran pemasaran dikaji ulang

2.3. Tipe-tipe pendekatan penjualan (selling) dikaji ulang

2.1. Kerangka diferensiasi secara infrastructure, content, context, dan content disusun

3. Mengkaji ulang elemen value pemasaran perusahaan

3.1. Brand equity (ekuitas merek) dan elemen pembentuknya dikaji ulang

3.2. Dimensi kualitas pelayanan (service quality) ditetapkan

3.3. Konsep quality, cost, delivery dan kaitannya dengan proses dikaji ulang


Unit #3: Mengelola program loyalitas pelanggan

Kode unit:
M.702090.017.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi tujuan program loyalitas

1.1. Analisa untuk memahami kelompok pelanggan berdasarkan loyalitas dilakukan

1.2. Value/nilai dari kelompok pelanggan dianalisa

1.3. Analisa terhadap tingkat dan jenis loyalitas yang ingin dicapai perusahaan dilakukan

2. Membangun kerangka program loyalitas pelanggan

2.1. Jenis-jenis program loyalitas dipilih sesuai dengan analisa pelanggan dan tujuan program

2.2. Rencana implementasi program loyalitas dijabarkan secara detail

2.3. Target loyalitas yang hendak dicapai dalam rentang waktu tertentu ditentukan

2.4. Mekanisme monitoring terhadap kinerja program ditentukan

3. Menerapkan program loyalitas pelanggan

3.1. Komunikasi dan koordinasi dengan pihak yang terlibat dalam penerapan program loyalitas dilakukan

3.2. Informasi mengenai program loyalitas dikomunikasikan kepada pelanggan

3.3. Pemantauan berkala terhadap kinerja program loyalitas dilaksanakan


Unit #4: Mengelola momen kebenaran (moment of truth)

Kode unit:
M.702090.018.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Memetakan titik titik penting dalam interaksi dengan pelanggan

1.1. Setiap titik interaksi antara pelanggan dan perusahaan dipetakan

1.2. Kriteria penentuan tingkat penting-nya titik interaksi ditentukan

1.3. Setiap titik interaksi diurutkan berdasarkan tingkat pentingnya (dilihat dari sudut pandang pelanggan)

2. Merancang proses pelayanan khusus untuk setiap titik-titik penting (Moment of Truth)

2.1. Jenis service encounter untuk setiap titik interaksi ini ditentukan

2.2. Proses pelayanan khusus untuk titik interaksi penting dirancang

2.3. Kejadian kritis (critical incidents) yang mungkin terjadi diidentifikasi

2.4. Rancangan proses pelayanan dikomunikasikan kepada seluruh pihak yang terlibat

3. Memantau pelaksanaan layanan di setiap moment of truth

3.1. Kriteria kinerja moment of truth ditetapkan

3.2. Pengumpulan data kinerja pelayanan secara berkala dilaksanakan


Unit #5: Mengelola lingkungan layanan (service environment)

Kode unit:
M.702090.019.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi elemen-elemen utama lingkungan layanan yang paling berpengaruh

1.1. Analisa tujuan strategis pelayanan perusahaan dilakukan

1.2. Kebutuhan lingkungan layanan dari segmen utama konsumen diidentifikasi

1.3. Elemen elemen lingkungan layanan yang diurutkan berdasarkan kesesuaian dengan tujuan perusahaan dan kebutuhan konsumen

2. Menyusun rancangan pengaturan fasilitas dan perlengkapan sarana pendukung pelayanan

2.1. Spesifikasi rinci dari setiap elemen lingkungan layanan yang sesuai dengan analisa sebelumnya ditentukan

2.2. Proses menjaga konsistensi lingkungan layanan dirancang

2.3. Komunikasi denga pihak-pihak yang terlibat dilakukan

3. Memantau implementasi rancangan pengaturan fasilitas pendukung

3.1. Kriteria penilaian kinerja lingkungan layanan ditentukan

3.2. Pengumpulan data kualitas kinerja lingkungan layanan secara berkala dilakukan


© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma