Terdapat 12 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | M.692000.001.02 | Menerapkan Prinsip-Prinsip Praktik Profesional dalam Bekerja |
2 | M.692000.002.02 | Menerapkan Praktik- Praktik Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja |
3 | M.692000.005.02 | Memproses Dokumen Dana Kas Kecil |
4 | M.692000.006.02 | Memproses Dokumen Dana Kas di Bank |
5 | M.692000.007.02 | Memproses Entry Jurnal |
6 | M.692000.008.02 | Memproses Buku Besar |
7 | M.692000.009.02 | Mengelola Kartu Piutang |
8 | M.692000.010.02 | Mengelola Kartu Utang |
9 | M.692000.011.02 | Mengelola Kartu Persediaan |
10 | M.692000.013.02 | Menyusun Laporan Keuangan |
11 | M.692000.022.02 | Mengoperasikan Paket Program Pengolah Angka/Spreadsheet |
12 | M.692000.023.02 | Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi |
Kode unit: M.692000.001.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi luas sektor dan tanggung jawab industri |
1.1. Aspek-aspek eksternal yang mempengaruhi profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dalam menjalankan pekerjaan 1.2. Peran dan tanggung jawab berbagai pihak yang terlibat dalam profesi teknisi akuntansi diidentifikasi dalam menjalankan pekerjaan |
2. Menerapkan pedoman prosedur dan aturan |
2.1. Informasi yang berhubungan dengan hukum peraturan dan kode etik dikumpulkan dan dianalisa 2.2. Informasi yang berhubungan dengan hukum peraturan dan kode etik dalam kaitannya dengan pihak yang bersangkutan di tempat kerja ditentukan 2.3. Ketentuan tentang praktik kerja yang relevan dipergunakan sebagai dasar untuk menjalankan pekerjaan dan pengambilan keputusan secara beretika |
3. Mengelola informasi |
3.1. Dokumen laporan data dan kalkulasi dianalisis dan diorganisir sesuai kebutuhan konsumen dan/atau organisasi 3.2. Informasi disajikan dalam format yang sesuai dengan kebutuhan pengguna informasi |
4. Merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya |
4.1. Tugas yang harus diselesaikan dan kondisi yang relevan ditentukan 4.2. Pekerjaan direncanakan secara mandiri maupun secara tim untuk periode tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya waktu dan skala prioritas 4.3. Perubahan teknologi dan organisaasi kerja dapat diadaptasi |
5. Merancang dan mengelola kompetensi personal |
5.1. Kebutuhan pengembangan kompetensi dan sasaran pengembangn diidentifikasi dan dikaji ulang secara periodik 5.2. Kebutuhan kompetensi otorisasi dan lisensi diidentifikasi 5.3. Kesempatan pengembangan profesional yang menggambarkan kebutuhan dan sasaran diselesaikan dalam jangka waktu tertentu |
Kode unit: M.692000.002.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya dan pengendalian resiko |
1.1. Bahaya di tempat kerja dikenali dan dilaporkan kepada yang berwenang sesuai dengan prosedur tempat kerja 1.2. Prosedur tempat kerja dan instruksi kerja untuk mengendalikan resiko diikuti secara akurat 1.3. Prosedur tempat kerja yang berkaitan dengan kecelakaan api dan darurat diikuti dimana diperlukan dalam lingkup penyebab dan kompetensi karyawan 1.4. Seluruh area kerja dijaga tetap bersih dan bebas dari gangguan 1.5. Seluruh pintu darurat dikenali dan bebas setiap waktu |
2. Berkontribusi untuk berpartisipasi dalam pengaturan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja |
2.1. Isu-isu kesehatan dan keselamatan kerja diinformasikan kepada aparat yang berwenang sesuai dengan prosedur tempat kerja yang relevan 2.2. Kontribusi kepada manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja dibuat sesuai dengan kebijakan dan prosedur organisasi dan dalam lingkup tanggung jawab dan kompetensi karyawan 2.3. Dokumen kesehatan dan keselamatan kerja yang relevan diidentifikasi secara periodik diperiksa dan rekomendasinya ditindaklanjuti 2.4. Klarifikasi kewajiban prosedur dan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan kerja ditinjau kembali bila diperlukan |
3. Menerapkan praktikpraktik kesehatan dan keselamatan kerja |
3.1. Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja diterapkan setiap waktu dalam pekerjaan sehari-hari 3.2. Peringatan bahaya dan tanda-tanda keselamatan dikenali dan diobservasi 3.3. Teknik-teknik penanganan keselamatan secara manual dan tehnik keselamatan operasi peralatan diterapkan setiap waktu 3.4. Prosedur pertolongan pertama secara darurat diikuti 3.5. Situasi yang secara potensial berbahaya diidentifikasi meliputi kegagalan dan peralatan berbahaya secara langsung dilaporkan |
Kode unit: M.692000.005.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pengelolaan administrasi Dana Kas Kecil |
1.1. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pencatatan Dana Kas Kecil disediakan 1.2. Bukti transaksi pemakaian Kas Kecil disiapkan |
2. Menghitung mutasi Dana Kas Kecil |
2.1. Saldo awal Dana Kas Kecil diidentifikasi 2.2. Bukti Pemakaian Kas Kecil diidentifikasi 2.3. Bukti pengisian Kembali Kas Kecil diidentifikasi 2.4. Jumlah pemakaian dan pengisian kembali dana Kas Kecil untuk setiap transaksi dihitung |
3. Membukukan mutasi Dana kas Kecil |
3.1. Bukti pemakaian dan pengisian kembali dana Kas Kecil diverifikasi 3.2. Jumlah pemakaian dan pengisian kembali dana Kas Kecil untuk setiap transaksi dibukukan 3.3. Saldo akhir dana Kas kecil diihitung |
4. Menyusun Berita Acara Penghitungan fisik dana kas kecil |
4.1. Berita acara penghitungan fisik dana kas kecil dibuat 4.2. Selisih antara buku dan hasil penghitungan dana kas kecil diidentifikasi 4.3. Selisih jumlah dana kas kecil ditentukan kewajarannnya sesuai dengan ketentuan perusahaan |
5. Membukukan selisih dana kas kecil |
5.1. Data penyesuaian selisih dana kas kecil diidentifikasi 5.2. Data penyesuaian selisih dana kas kecil dibukukan |
Kode unit: M.692000.006.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pengelolaan administrasi Kas Bank |
1.1. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pencatatan Kas di Bank disediakan 1.2. Bukti transaksi pemakaian Kas di Bank disiapkan |
2. Menghitung mutasi kas bank |
2.1. Saldo awal Kas di Bank diidentifikasi 2.2. Bukti penerimaan Kas di Bank diidentifikasi 2.3. Bukti pengeluaran Kas di Bank diidentifikasi 2.4. Jumlah penerimaan dan pengeluaran Kas di Bank untuk setiap transaksi dihitung |
3. Membukukan mutasi kas bank |
3.1. Bukti penerimaan dan pengeluaran Kas di Bank diverifikasi 3.2. Jumlah penerimaan dan pengeluaran Kas di Bank untuk setiap transaksi dibukukan 3.3. Hasil mutasi data penerimaan dan pengeluaran Kas di Bank diidentifikasi |
4. Menyusun laporan rekonsiliasi bank |
4.1. Laporan rekening koran bank dan catatan perusahaan serta data pendukung rekonsiliasi bank diidentifikasi 4.2. Selisih antara rekening koran bank dan catatan perusahaan diidentifikasi 4.3. Laporan Rekonsiliasi Bank disajikan |
5. Membukukan penyesuaian kas bank |
5.1. Data penyesuaian kas di Bank diidentifikasi 5.2. Data penyesuaian kas di Bank dibukukan |
Kode unit: M.692000.007.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memeriksa dokumen sumber dan dokumen pendukung |
1.1. Dokumen sumber dan pendukung diperiksa 1.2. Otorisasi oleh pihak yang berwenang dalam dokumen sumber diperiksa |
2. Mencatat dokumen sumber ke dalam jurnal |
2.1. Jurnal diotorisasi sesuai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan 2.2. Dokumen sumber dicatat ke dalam jurnal secara akurat dan sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan 2.3. Transaksi secara tepat dialokasikan ke dalam sistem dan akun |
3. Mengarsipkan dokumen Sumber dan Pendukung |
3.1. Dokumen Sumber dan pendukung disimpan secara tepat waktu dan sesuai dengan prosedur dan kebijakan perusahaan 3.2. Arsip dokumen diakses dan ditelusuri sesuai kebijakan perusahaan |
Kode unit: M.692000.008.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pengelolaan buku besar |
1.1. Peralatan dan Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan buku besar disediakan 1.2. Buku besar yang diperlukan disediakan 1.3. Rekapitulasi Jurnal disajikan |
2. Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar |
2.1. Akun-akun dalam buku besar yang diperlukan diidentifikasi 2.2. Jumlah yang ada dalam rekapitulasi jurnal dibukukan |
3. Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar |
3.1. Daftar saldo akun dalam buku besar disajikan sesuai dengan format yang telah ditetapkan 3.2. Saldo akun dalam buku besar dipastikan kebenarannya |
Kode unit: M.692000.009.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pengelolaan kartu piutang |
1.1. Peralatan dan Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan piutang disediakan 1.2. Data transaksi piutang disediakan |
2. Mengidentifikasi data piutang |
2.1. Saldo awal piutang diidentifikasi 2.2. Data mutasi piutang usaha diidentifikasi 2.3. Data mutasi piutang lainnya diidentifikasi |
3. Membukukan mutasi piutang ke kartu piutang |
3.1. Data mutasi piutang diverifikasi 3.2. Data mutasi piutang dibukukan 3.3. Saldo akhir piutang diidentifikasi |
4. Melakukan konfirmasi saldo piutang |
4.1. Nama dan alamat debitur serta jumlah piutang diidentifikasi 4.2. Surat pernyataan piutang dibuat 4.3. Surat pernyataan piutang dipastikan terkirim 4.4. Jawaban surat pernyataan dianalisis |
5. Menyusun laporan piutang |
5.1. Umur piutang diidentifikasi 5.2. Laporan piutang disajikan sesuai dengan ketentuan SOP |
Kode unit: M.692000.010.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pengelolaan kartu utang |
1.1. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan utang disediakan 1.2. Data transaksi utang disediakan |
2. Mengidentifikasi data utang |
2.1. Saldo awal utang diidentifikasi 2.2. Data mutasi utang usaha diidentifikasi 2.3. Data mutasi utang lainnya diidentifikasi |
3. Membukukan mutasi utang ke kartu utang |
3.1. Data mutasi utang diverifikasi 3.2. Data mutasi utang dibukukan 3.3. Saldo akhir utang diidentifikasi |
4. Menyusun laporan utang |
4.1. Umur utang diidentifikasi 4.2. Laporan utang disajikan sesuai dengan ketentuan SOP |
Kode unit: M.692000.011.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pengelolaan kartu persediaan |
1.1. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengelolaan kartu persediaan disediakan 1.2. Data transaksi persediaan disediakan |
2. Mengidentifikasi data mutasi persediaan |
2.1. Saldo awal persediaan diidentifikasi 2.2. Data penerimaan persediaan diidentifikasi 2.3. Data retur penjualan diidentifikasi 2.4. Data retur pembelian diidentifikasi 2.5. Data pengeluaran persediaan diidentifikasi |
3. Membukukan mutasi persediaan ke kartu persediaan |
3.1. Data mutasi persediaan diverifikasi 3.2. Data mutasi persediaan dibukukan |
4. Membuat laporan persediaan |
4.1. Laporan persediaan disajikan sesuai dengan ketentuan SOP 4.2. Saldo akhir persediaan diidentifikasi |
5. Membukukan selisih persediaan |
5.1. Berita acara hasil penghitungan fisik persediaan disediakan 5.2. Selisih persediaan ditentukan kewajarannnya sesuai dengan ketentuan perusahaan 5.3. Selisih persediaan (kurang/lebih) dibukukan |
Kode unit: M.692000.013.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mencatat jurnal penyesuaian |
1.1. Dokumen sumber penyesuaian disediakan 1.2. Akun-akun yang memerlukan penyesuaian diidentifikasi 1.3. Jurnal penyesuaian yang diperlukan dicatat |
2. Menyajikan laporan |
2.1. Neraca lajur disiapkankan sesuai ketentuan SOP 2.2. Laporan laba rugi disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK/SAK ETAP 2.3. Laporan neraca/laporan posisi keuangan disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK./SAK ETAP 2.4. Laporan Perubahan ekuitas disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK/SAK ETAP 2.5. Laporan arus kas disajikan sesuai ketentuan SOP/SAK/SAK ETAP |
3. Mencatat jurnal penutup |
3.1. Akun yang didebit dan dikredit diidentifikasi 3.2. Jurnal penutup dicatat |
4. Memposting jurnal penyesuaian dan jurnal penutup ke buku besar |
4.1. Jurnal penyesuaian dan jurnal penutup diposting 4.2. Saldo dalam buku besar setelah tutup buku disajikan sesuai ketentuan SOP |
Kode unit: M.692000.022.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah angka |
1.1. Komputer yang dibutuhkan untuk mengoperasikan paket program pengolah angka disediakan 1.2. Paket program pengolah angka siap dioperasikan 1.3. Sumber data yang akan diolah dengan program pengolah angka disiapkan |
2. Mengentry data |
2.1. Karakter sel diidentifikasi 2.2. Karakter data diidentifikasi 2.3. Data dientry sesuai dengan karakter sel 2.4. Hasil entry disesuaikan dengan sumber data |
3. Mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program pengolah angka |
3.1. Data diolah dengan rumus matematika 3.2. Data diolah dengan rumus statistik 3.3. Data diolah dengan menggunakan rumus semi absolut absolut dan fungsi logika 3.4. Data diolah dengan menggunakan fungsi finansial 3.5. Data diolah dengan menggunakan fungsi date-time 3.6. Data diolah dengan menggunakan fungsi grafik |
4. Membuat laporan |
4.1. Laporan dibuat dalam bentuk table 4.2. Laporan dibuat dalam bentuk grafik |
Kode unit: M.692000.023.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan data awal perusahaan |
1.1. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan disiapkan 1.2. Data perusahaan dibuat |
2. Menyusun Data Setup Awal dan Saldo Awal |
2.1. Daftar Akun disusun dan saldo awal akun dientry 2.2. Kode Pajak disiapkan 2.3. Kartu Piutang dan pelanggan dibuat dan saldo awal piutang dientry 2.4. Kartu utang dan pemasok dibuat dan saldo awal utang dientry 2.5. Kartu Persediaan dibuat dan saldo awal persediaan dientry |
3. Melakukan entry transaksi |
3.1. Transaksi yang akan dientry dianalisis 3.2. Transaksi dientry dengan menggunakan menu yang tepat 3.3. Penyesuaian dientry dengan tepat 3.4. Proses tutup buku dilakukan secara tepat |
4. Mencetak laporan keuangan dan laporan lainnya |
4.1. Laporan laba rugi dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.2. Laporan neraca dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.3. Laporan ekuitas dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.4. Laporan arus kas dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.5. Laporan piutang dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.6. Laporan Utang dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 4.7. Laporan persediaan dibuat sesuai dengan ketentuan SOP |
5. Membuat backup file |
5.1. Backup file data dibuat sesuai dengan ketentuan SOP 5.2. Backup file data disimpan dalam media penyimpanan data |
© 2025 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma