Teknisi Akuntansi Ahli

Terdapat 8 unit dalam skema ini:

No. Kode Unit Nama Unit
1 M.692000.003.02 Melaksanakan Prinsip-prinsip Supervisi
2 M.692000.004.02 Melakukan Komunikasi Bisnis yang Efektif
3 M.692000.014.02 Menyajikan Laporan Keuangan Konsolidasi
4 M.692000.015.02 Menyajikan Informasi Kinerja Keuangan Dan Bisnis
5 M.692000.017.02 Menyajikan Informasi Akuntansi Manajemen
6 M.692000.018.02 Menyiapkan Anggaran Perusahaan
7 M.692000.021.02 Memelihara Sistem Informasi Akuntansi
8 M.692000.024.02 Melaksanakan Proses Pemeriksaan Informasi Keuangan
Unit #1: Melaksanakan Prinsip-prinsip Supervisi

Kode unit:
M.692000.003.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Merencanakan Supervisi

1.1. Kebutuhan akan keahlian dan keterampilan staf diidentifikasi

1.2. Kriteria penilaian kinerja dan target kerja staf ditentukan

1.3. Volume penugasan setiap staf ditentukan

1.4. Jadwal dan matriks kegiatan supervisi disusun

1.5. Dokumen metode dan alat kegiatan supervisi diidentifikasi

2. Melaksanakan Supervisi
2. Membuat query database
3. Melakukan Penilaian
3. Menggunakan database

Unit #2: Melakukan Komunikasi Bisnis yang Efektif

Kode unit:
M.692000.004.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mempersiapkan komunikasi bisnis

1.1. Penerima pesan dalam proses komunikasi diidentifikasi;

1.2. Objektif-objektif dari penerima pesan diidentifikasi;

1.3. Kebutuhan-kebutuhan informasi penerima pesan diidentifikasi;

1.4. Media waktu dan tempat komunikasi diidentifikasi

2. Membuat pesan bisnis

2.1. Pesan dibuat secara tertulis menggunakan kata-kata yang tidak menimbulkan multi tafsir;

2.2. Isi pesan disesuaikan dengan kebutuhan penerima pesan;

2.3. Prinsip-prinsip kerahasiaan organisasi dipatuhi

3. Melaksanakan komunikasi bisnis profesional

3.1. Media komunikasi yang tersedia digunakan secara tepat;

3.2. Kendala-kendala selama komunikasi diiden tifikasi;

3.3. Langkah-langkah untuk mengatasi kendala komunikasi diterapkan;

3.4. Tanggapan dan kesepakatan-kesepakatan dibuat secara tertulis dan didokumentasi kan;

3.5. Etika dan penampilan profesional dalam komunikasi ditaati


Unit #3: Menyajikan Laporan Keuangan Konsolidasi

Kode unit:
M.692000.014.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengkompilasi data konsolidasi

1.1. Data keuangan konsolidasi secara sistematis diklasifikasikan sesuai de ngan kebijakan organisasi prosedur dan standar akuntansi

1.2. Prosedur konsolidasi untuk mengkom pilasi data sesuai dengan SAK serta kebijakan dan prosedur perusahaan ditentukan

1.3. Penilaian yang sesuai dengan standar akuntansi yang relevan diidentifikasi dan dicatat

1.4. Akibat pengaruh pajak diidentifikasi dan dicatat

2. Mengidentifikasi data eliminasi dan penyesuaian dalam laporan keuangankonsolidasi

2.1. Perusahaan anak yang dimiliki sebagian sahamnya dan badan usaha yang dikendalikan diidentifikasi

2.2. Perlakuan akuntansi yang sesuai un tuk pelaporan badan usaha digunakan

2.3. Jurnal penyesuaian dicatat

2.4. Jurnal penyesuaian diposting

2.5. Jurnal eliminasi dibuat

2.6. Neraca lajur konsolidasian disiapkan sesuai dengan ketentuan SOP Perusahaan

3. Menyajikan laporan keuangan

3.1. Laporan disajikan sesuai dengan UU Perseroan Terbatas dan Pasar Modal

3.2. Kebutuhan pernyataan tambahan diterapkan

3.3. Neraca lajur disiapkan sesuai ketentuan SOP

3.4. Laporan laba rugi komprehensif konsolidasian disajikan sesuai keten tuan SAK

3.5. Laporan posisi keuangan laporan perubahan ekuitas laporan arus kas dan catatan laporan keuangan konsoli dasian disajikan sesuai ketentuan SAK


Unit #4: Menyajikan Informasi Kinerja Keuangan Dan Bisnis

Kode unit:
M.692000.015.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi kebutuhan informasi kinerja keuangan

1.1. Kebutuhan informasi kinerja keuangan pihak manajemen diidentifikasi dan dikonfirmasi untuk memperoleh penger tian yang sama

1.2. Perubahan kebutuhan informasi kinerja keuangan pihak manajemen diidentifikasi

2. Menghitung rasiorasio keuangan yang dibutuhkan

2.1. Data keuangan dan catatan atas laporan keuangan diperoleh dan dikompilasi sesuai dengan persyaratan standar pelaporan keuangan

2.2. Komponen laporan laba rugi komprehensif dianalisis sesuai dengan teknik standar analisis informasi kinerja keuangan

2.3. Komponen laporan posisi keuangan dan laporan arus kas dianalisis sesuai dengan teknik standar analisis informasi kinerja keuangan

2.4. Informasi tentang rasio profitabilitas rasio likuiditas rasio-rasio sovabilitas dan rasio efisiensi disajikan

3. Menyiapkan hasil analisis laporan keuangan

3.1. Standar rasio keuangan sebagai rasio keuangan pembanding diperoleh

3.2. Interprestasi dan kesimpulan terhadap hasil proses pembandingan dengan rasio keuangan standar disajikan

3.3. Saran disusun secara realistik dan diberikan kepada pengguna jasa dengan mempertimbangkan isu-isu di bidang perpajakan risiko dan alternatif-alternatif kebijakan yang dapat dilaksanakan

3.4. Bahan presentasi disiapkan menggunakan metode yang praktis dan bahasa yang lugas serta didokumentasikan secara baik

3.5. Perkembangan atas kinerja keuangan dievaluasi secara reguler dikaitkan dengan kriteria yang disetujui


Unit #5: Menyajikan Informasi Akuntansi Manajemen

Kode unit:
M.692000.017.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menyiapkan data operasi dan biaya

1.1. Sistem untuk menghasilkan data operasi dan biaya telah ditetapkan

1.2. Sistem untuk menentukan standar biaya dan operasi telah ditetapkan

1.3. Data secara sistematis diberi kode diklasifikasikan dan dicek untuk keakuratan dan reliabilitas sesuai dengan kebijakan dan prosedur orgainisasi

1.4. Pusat pertanggungjawaban ditetapkan

2. Menganalisis data

2.1. Biaya dikelompokkan pada produk jasa atau proyek unit organisasi pelanggan saluran distribusi segmen pasar dan objek biaya lainnya

2.2. Data direkonsiliasi untuk meyakinkan bahwa perhitungan telah dilakukan secara akurat sesuai dengan prosedur organisasi

2.3. Analisis varian digunakan untuk menelaah keefektivan proses pembebanan biaya

2.4. Interprestasi beban dan penghasilan didukung oleh analisis yang valid dan konsisten dengan tujuan perusahaan

3. Menyipkan laporan biaya dan anggaran

3.1. Informasi biaya dan aktivitas organisasi diperoleh dari seluruh seksi untuk memformulasikan laporan dan anggaran

3.2. Struktur dan format laporan dan angga ran disajikan secara jelas dan sesuai dengan kebutuhan rutin dan ad hoc informasi manajemen

3.3. Selisih secara komprehensif terhadap ang garan dan standar diidentifikasi dan di prioritaskan untuk ditelaah dan pengambil an keputusan

4. Menganalisis laporan biaya dan anggaran

4.1. Selisih anggaran biaya diinterpretasikan dan didiskusikan seksi-seksi yang relevan


Unit #6: Menyiapkan Anggaran Perusahaan

Kode unit:
M.692000.018.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menyiapkan data anggaran

1.1. Item-item kas produksi dan penghasilan didefinisikan sesuai dengan tujuan anggaran yang ditetapkan

1.2. Tujuan anggaran disesuaikan dengan tujuan dan proyeksi organisasi

1.3. Diskusi dan negosiasi dengan seluruh bagian organisasi untuk memaksimalkan nilai perusahaan dilakukan

1.4. Alat pengukuran diidentifikasi dan dima sukkan dalam anggaran

1.5. Target anggaran tahunan sesuai diuraikan menjadi target anggaran periode yang lebih pendek sesuai dengan kebutuhan

2. Memperkirakan nilai komponen anggaran

2.1. Perkiraan aliran kas di masa yang akan datang biaya produksi dan penghasilan secara realistis dapat dicapai dan didukung bukti yang dapat diverifikasi dan sumber yang terdokumentasi

2.2. Data yang relevan untuk peramalan diidentifikasi

2.3. Asumsi dan parameter ditetapkan dan ditelaah untuk kesesuaian dan ketaatan nya dengan kebijakan organisasi

2.4. Risiko keuangan diidentifikasi sesuai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan

3. Mendokumentasi anggaran

3.1. Data dipresentasikan dalam sebuah format yang mudah dimengerti

3.2. Laporan untuk proyek tertentu diselesaikan tepat waktu dan didistribusikan

3.3. Tren isu-isu dan perbandingan diidentifikasi dan dilaporkan dalam format yang terstruktur untuk meyakinkan analisis yang transparan dan valid

3.4. Kelayakan diidentifikasi dengan memban dingkan proyeksi-proyeksi dengan pertum buhan dan perkembangan pasar


Unit #7: Memelihara Sistem Informasi Akuntansi

Kode unit:
M.692000.021.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi catatan-catatan dan kebutuhan sistem

1.4. Sistem kontrol diidentifikasi untuk memelihara integritas sistem secara keseluruhan

1.5. Proses pencatatan ditetapkan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku

1.1. Spesifikasi sistem yang menyeluruh disiapkan berdasarkan pada kebutuhan pemakai

1.2. Sasaran atau tujuan pengembangan sistem didefinisikan serta spesifikasi sis tem didokumentasikan untuk tujuan menetapkan input dan output

1.3. Kebutuhan akan catatan diurutkan atau diprioritaskan berdasarkan kepentingan nya dan kebutuhan pemakai

2. Menyiapkan dokumentasi sistem

2.1. Sistem didokumentasikan secara menye luruh dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas

2.2. Dokumentasi sistem dibuat dengan mudah diakses ditinjau ulang secara rutin dan diperbaharui untuk memastikan keakuratannya

3. Mengimplementasikan sistem pelaporan dan catatan-catatan

3.1. Implementasi dilaksanakan sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan

3.2. Contigency plan ditetapkan untuk mengatasi permasalahan yang timbul dan keterlambatan waktu

3.3. Semua data ditransfer dari arsip yang ada ke sistem yang baru

3.4. Sistem dan catatan-catatan diperbaharui secara teratur untuk mengidentifikasi manfaat dan ancaman pada organisasi

3.5. File yang ada dalam organisasi dipelihara dan diidentifikasi serta diperbaiki penyimpangannya

4. Memonitor sistem pelaporan

4.1. Transaksi dianalisis dan dibukukan dengan tepat dan lengkap

4.2. Proses pencatatan dan pengklasifikasian transaksi dikomunikasikan atau disosialisasikan untuk mendukung verifikasi arsip internal

4.3. Pemasukan sumber-sumber data distandarisasi dan dokumentasi ke dalam format yang terstruktur untuk meminimalisasi kesalahan

4.4. Back-up data dipelihara dan ditempatkan dalam lokasi yang aman sesuai dengan kebutuhan organisasi dan audit

5. Mereview prosedur pelaporan

5.1. Sumber data masukan diperiksa dan arsip didokumentasikan untuk ketelitian dan keandalan

5.2. Kebutuhan pelaporan disusun dan dianalisis secara teratur untuk mengidentifikasi variasi dan kesesuaian nya dengan proses pelaporan dan peng klasifikasian transaksi

5.3. Laporan tertulis dan catatan penjelasan dan hasil keuangan dipelihara untuk mendukung dokumentasi sumber


Unit #8: Melaksanakan Proses Pemeriksaan Informasi Keuangan

Kode unit:
M.692000.024.02

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Melakukan peninjauan atas perencanaan audit

1.1. Fungsi dan tujuan audit diidentifkasi

1.2. Lingkup penugasan ditentukan

1.3. Lingkungan organisasi klien diidentifikasi

2. Melakukan evaluasi sistem pengendalian intern (compliance test atau audit)

2.1. Pedoman evaluasi sistem pengendalian internal dipahami

2.2. Elemen-elemen sistem pengendalian intern (SPI) dikaji

2.3. Laporan hasil evaluasi sistem pengendalian intern (SPI) dibuat dan disajikan

2.4. Dokumen dan hasil evaluasi sistem pengendalian intern (SPI) didokumentasi kan

3. Merancang dan melaksanakan program audit

3.1. Program audit dirancang

3.2. Bukti-bukti audit dikumpulkan dan diiden tifikasi sesuai program audit

4. Menyajikan kertas kerja audit

4.1. Kertas kerja audit disusun dan disajikan

4.2. Kepemilikan kertas kerja pemeriksaan ditentukan

4.3. Kertas kerja audit disiapkan dan diarsipkan

4.4. Menyajikan rancangan laporan auditor

5. Menyiapkan laporan audit

5.1. Temuan audit diringkas

5.2. Daftar usulan jurnal penyesuaian dan reklasifikasi dibuat

5.3. Laporan audit disusun berdasarkan standar audit


© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma