Terdapat 16 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | BHS.IK01.001.01 | Melakukan Percakapan Awal Dengan Tamu |
2 | BHS.IK01.002.01 | Menerima Pengarahan Lisan Dan Tertulis |
3 | BHS.IK01.003.01 | Memberikan Petunjuk Tentang Lokasi |
4 | BHS.IK01.004.01 | Berkomunikasi Melalui Telepon |
5 | BHS.IK02.001.01 | Menjelaskan Fasilitas Dan Pelayanan Hotel |
6 | BHS.IK02.002.01 | Menjelaskan Fasilitas Kamar |
7 | BHS.IK02.003.01 | Memberikan Penjelasan Sederhana Tentang Objek Wisata |
8 | BHS.IK02.004.01 | Menawarkan Jasa Cucian |
9 | BHS.IK02.005.01 | Memberi Pengarahan Mengenai Status Kamar |
10 | BHS.IK02.006.01 | Menangani Keluhan Sederhana Tentang Tata Graha |
11 | BHS.IK02.007.01 | Menangani Keluhan Kompleks Tentang Tata Graha |
12 | BHS.IK02.008.01 | Membuat Memo Tentang Tata Graha |
13 | BHS.IK02.009.01 | Membuat Surat Bisnis Tentang Tata Graha |
14 | BHS.IK02.010.01 | Membuat Presentasi Tentang Tata Graha |
15 | BHS.IK02.011.01 | Mengadakan Rapat Tentang Tata Graha |
16 | BHS.IK03.001.01 | Membuat Dokumen Tata Graha Dalam Bahasa Inggris |
Kode unit: BHS.IK01.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memberikan salam |
1.1. Ungkapan salam diucapkan dengan jelas dan benar 1.2. Ungkapan salam dibedakan sesuai dengan kaidah penggunaannya 1.3. Ungkapan salam digunakan sesuai dengan konteks |
2. Menggunakan ungkapan basa basi (small talk) |
2.1. Ungkapan basa basi diucapkan dengan jelas dan benar 2.2. Ungkapan basa basi dibedakan sesuai dengan kaidah penggunaannya 2.3. Ungkapan basa basi digunakan sesuai dengan konteks |
3. Memulai topik percakapan |
3.1. Percakapan dimulai dengan jelas dan benar 3.2. Kosa kata sesuai topik percakapan digunakan dengan jelas dan benar 3.3. Ungkapan teknik klarifikasi dan umpan balik digunakan dengan tepat |
4. Mengakhiri percakapan |
4.1. Percakapan diakhiri dengan sopan 4.2. Salam penutup disampaikan dengan benar |
Kode unit: BHS.IK01.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyimak pengarahan lisan |
1.1. Ungkapan pengarahan disimak dengan baik 1.2. Kalimat pengarahan dibedakan secara benar 1.3. Kalimat pengarahan diparafrase dengan benar sesuai dengan tujuan pengarahan |
2. Membaca pengarahan tertulis |
2.1. Tujuan pengarahan tertulis diidentifikasi dengan tepat 2.2. Isi pengarahan tertulis didemonstrasikan dengan benar |
3. Memberikan umpan balik terhadap pengarahan |
3.1. Ungkapan klarifikasi disampaikan 3.2. Usulan yang relevan dengan tujuan pengarahan diajukan kepada pengarah |
Kode unit: BHS.IK01.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyimak pertanyaan tentang lokasi |
1.1. Pertanyaan tentang lokasi disimak 1.2. Pertanyaan tentang lokasi diidentifikasi secara tepat |
2. Memberikan informasi tentang petunjuk lokasi |
2.1. Ungkapan petunjuk tentang lokasi dipilih dengan tepat 2.2. Kata kunci untuk memberikan petunjuk tentang lokasi digunakan dengan tepat 2.3. Petunjuk tentang lokasi tertentu diberikan dengan jelas dan benar 2.4. Konfirmasi petunjuk tentang lokasi diberikan dengan benar |
Kode unit: BHS.IK01.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuka pembicaraan melalui telepon |
1.1. Salam dan nama departemen disampaikan kemudian bantuan ditawarkan dengan benar 1.2. Nomor kamar ditanyakan dan dicatat dengan benar |
2. Melanjutkan pembicaraan melalui telepon |
2.1. Pesan penelepon dicatat dengan benar 2.2. Kosa kata dan istilah tentang tata graha dalam bertelepon digunakan dengan tepat 2.3. Pesan dari penelepon dikonfirmasikan kembali |
3. Menutup pembicaraan melalui telepon |
3.1. Bantuan lebih lanjut ditawarkan 3.2. Ungkapan penutup disampaikan dengan benar |
Kode unit: BHS.IK02.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memberikan gambaran sederhana tentang fasilitas dan pelayanan hotel |
1.1. Kosakata ungkapan dan bahasa tubuh mengenai fasilitas hotel secara sederhana digunakan dengan tepat 1.2. Informasi mengenai pelayanan hotel dijelaskan dengan tepat |
2. Memberikan informasi sederhana mengenai fasilitas dan pelayanan hotel |
2.1. Kosa kata ungkapan dan bahasa tubuh mengenai fasilitas hotel secara sederhana digunakan dengan tepat 2.2. Informasi mengenai pelayanan hotel dijelaskan dengan tepat |
Kode unit: BHS.IK02.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memberikan gambaran tentang fasilitas kamar |
1.1. Kosa kata ungkapan dan bahasa tubuh untuk menjelaskan fasilitas kamar digunakan dengan tepat 1.2. Fasilitas kamar dijelaskan dengan tepat |
2. Memberikan informasi mengenai fasilitas kamar |
2.1. Kosa kata dan ungkapan sederhana digunakan dengan benar 2.2. Cara penggunaan fasilitas kamar dijelaskan 2.3. Kalimat digunakan secara tepat |
Kode unit: BHS.IK02.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyebutkan objek dan daya tarik wisata |
1.1. Kosa kata dan ungkapan untuk menyebutkan objek dan daya tarik wisata dipilih dengan benar 1.2. Istilah ungkapan dan bahasa tubuh yang digunakan dalam menyebutkan objek dan daya tarik wisata digunakan dengan tepat |
2. Memberikan informasi sederhana tentang objek dan daya tarik wisata |
2.1. Informasi tentang objek dan daya tarik wisata diberikan dengan jelas 2.2. Pengarahan sederhana tentang obyek dan daya tarik wisata disebutkan dengan tepat 2.3. Kalimat yang digunakan dalam memberikan informasi disampaikan secara tepat |
Kode unit: BHS.IK02.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyebutkan jenis-jenis jasa cucian |
1.1. Istilah tentang jenis-jenis jasa cucian disebutkan dengan tepat 1.2. Informasi tentang jenis-jenis jasa cucian disampaikan dengan tepat 1.3. Jenis dan bahan pakaian disebutkan dengan tepat 1.4. Kalimat baku atau tidak baku digunakan dengan tepat |
2. Menawarkan jenis-jenis jasa cucian |
2.1. Ungkapan untuk menawarkan jasa cucian digunakan dengan tepat 2.2. Tehnik berbicara untuk menawarkan jasa cucian digunakan dengan tepat 2.3. Permintaan jasa cucian dari pelanggan dicatat dengan tepat |
Kode unit: BHS.IK02.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyebutkan jenis-jenis status kamar dengan tepat |
1.1. Kosa kata dan ungkapan pengarahan mengenai status kamar digunakan dengan tepat 1.2. Ragam bahasa digunakan secara tepat |
2. Menjelaskan cara membuat laporan status kamar |
2.1. Formulir status kamar diisi dengan tepat 2.2. Laporan status kamar dijelaskan dengan ringkas dan jelas |
3. Menjawab tanggapan status kamar |
3.1. Ide tanggapan terhadap pengarahan disimak dengan tepat 3.2. Tanggapan pengarahan dijawab dengan tepat |
Kode unit: BHS.IK02.006.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi keluhan tamu |
1.1. Tamu yang mempunyai keluhan disapa dengan sopan 1.2. Keluhan tamu didengarkan dengan seksama 1.3. Kosa kata dan ungkapan yang digunakan dipilih dengan tepat 1.4. Keluhan tamu di catat dengan benar |
2. Menawarkan tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah |
2.1. Tamu yang menyampaikan keluhan dibuat tenang 2.2. Penyebab timbulnya keluhan dijelaskan dengan tepat 2.3. Solusi ditawarkan dengan baik 2.4. Kosakata dan ungkapan yang digunakan dipilih dengan tepat |
Kode unit: BHS.IK02.007.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi keluhan |
1.1. Tamu yang mempunyai keluhan disapa dengan sopan 1.2. Keluhan tamu dikonfirmasi |
2. Menawarkan tindakan yang tepat |
2.1. Penyebab timbulnya keluhan dijelaskan 2.2. Alternatif solusi ditawarkan |
3. Menyampaikan tindak lanjut penanganan |
3.1. Ungkapan tindakan penanganan dinyatakan dengan tepat 3.2. Bantuan lebih lanjut ditawarkan |
Kode unit: BHS.IK02.008.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyebutkan tujuan penulisan memo |
1.1. Intisari memo ditulis dengan tepat 1.2. Kata kunci digunakan dengan tepat |
2. Menulis memo |
2.1. Kata kunci yang sesuai dengan isi memo digunakan 2.2. Format penulisan memo digunakan dengan benar 2.3. Ide-ide ditulis secara terpadu 2.4. Memo ditulis secara ringkas |
Kode unit: BHS.IK02.009.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi topik Surat |
1.1. Topik surat diidentifikasi 1.2. Tujuan surat diidentifikasi |
2. Menulis surat |
2.1. Penerima surat dan alamat surat ditulis dengan benar 2.2. Surat ditulis menurut format yang baku digunakan 2.3. Isi ditulis secara logis dan konsisten |
Kode unit: BHS.IK02.010.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menulis materi presentasi |
1.1. Materi presentasi ditulis sesuai topik 1.2. Materi presentasi ditulis menggunakan pilihan kata yang tepat 1.3. Materi ditulis sesuai kaidah gramatikal 1.4. Materi presentasi ditulis secara sistematis |
2. Menyampaikan presentasi |
2.1. Presentasi disampaikan dengan tepat 2.2. Ragam bahasa digunakan sesuai konteks 2.3. Pertanyaan yang berhubungan dengan presentasi ditawarkan 2.4. Pertanyaan mengenai presentasi dijawab |
Kode unit: BHS.IK02.011.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menjelaskan tujuan rapat |
1.1. Tujuan rapat disampaikan dengan jelas 1.2. Urutan agenda rapat dijelaskan |
2. Menyampaikan pendapat |
2.1. Kosa kata yang sesuai dengan topik digunakan 2.2. Pendapat disampaikan dengan kaidah bahasa yang tepat |
3. Meminta informasi |
3.1. Permintaan informasi disampaikan dengan kaidah bahasa yang tepat 3.2. Informasi yang diberikan ditulis dengan tepat |
Kode unit: BHS.IK03.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menjelaskan menu tata graha dalam sistem komputer |
1.1. Istilah/kata kunci menu tata graha diidentifikasi 1.2. Kelompok istilah/kata kunci menu tata graha digunakan dengan tepat |
2. Menulis dokumen dengan sistem komputer |
2.1. Tujuan penulisan dokumen diidentifikasi 2.2. Dokumen ditulis sesuai hasil identifikasi 2.3. Dokumen ditulis berdasarkan kaidah bahasa |
3. Melaporkan dokumen Tata Graha |
3.1. Dokumen Tata Graha dilaporkan secara tertulis 3.2. Laporan disampaikan kepada yang berkepentingan secara lisan sesuai kaidah bahasa |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma