Terdapat 33 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | TIK.SM01.001.01 | Melaksanakan Pekerjaan Secara Tim |
2 | TIK.SM01.002.01 | Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3 |
3 | TIK.SM01.003.01 | Melaksanakan Pekerjaan Secara Mandiri Dalam Lingkungan Organisasi TI |
4 | TIK.SM01.004.01 | Melakukan Komunikasi Di Tempat Kerja |
5 | TIK.SM01.005.01 | Melaksanakan Dan Menjaga Etika Profesi |
6 | TIK.SM01.006.01 | Mengelola Pekerjaan Dalam Proyek TI |
7 | TIK.SM01.007.01 | Melakukan Survei Kebutuhan Pelanggan |
8 | TIK.SM01.008.01 | Membuat Laporan Tertulis |
9 | TIK.SM01.009.01 | Memberikan Petunjuk Teknis Kepada Pelanggan |
10 | TIK.SM01.010.01 | Menjamin Integritas Informasi |
11 | TIK.SM02.001.01 | Mengelola Kemampuan Dan Fungsionalitas Dari Seluruh Komponen TI |
12 | TIK.SM02.002.01 | Meningkatkan Aspek Ketersediaan Dalam Layanan TI |
13 | TIK.SM02.003.01 | Menyediakan Layanan Berdasarkan Tingkat Tingkat tertentu |
14 | TIK.SM02.004.01 | Memberikan Pelayanan TI Sesuai Dengan Bisnis Yang Dijalankan |
15 | TIK.SM02.005.01 | Mengendalikan Aset Dan Seluruh Sumber Daya Pelayanan TI |
16 | TIK.SM02.006.01 | Mengelola Instalasi Dan Pemeliharaan Sistem Perangkat Lunak |
17 | TIK.SM02.007.01 | Mengatur Otorisasi Akses Teknologi Informasi |
18 | TIK.SM02.008.01 | Menyediakan Tim Pendukung Untuk Pemeliharaan Aplikasi |
19 | TIK.SM02.009.01 | Memberikan Pelayanan Produk-Produk Teknologi Informasi Sesuai Kebutuhan Bisnis |
20 | TIK.SM02.010.01 | Mengendalikan Peralatan Jaringan Teknologi Informasi |
21 | TIK.SM02.011.01 | Menetapkan Resolusi Dan Masalah Terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI |
22 | TIK.SM02.012.01 | Mengelola Insiden Yang Terjadi |
23 | TIK.SM02.013.01 | Mengelola Konfigurasi Sistem |
24 | TIK.SM02.014.01 | Mengelola Perubahan Yang Terjadi |
25 | TIK.SM02.015.01 | Mengesahkan Dan Menerapkan Layanan Kepada Pengguna |
26 | TIK.SM03.001.01 | Menentukan Arsitektur Perangkat Keras |
27 | TIK.SM03.002.01 | Menentukan Arsitektur Perangkat Lunak |
28 | TIK.SM03.003.01 | Menyediakan Tim Operasional Pendukung Sistem |
29 | TIK.SM03.004.01 | Menetapkan Standar Otorisasi Akses Di Dalam Organisasi |
30 | TIK.SM03.005.01 | Menetapkan Manajemen Eskalasi Terhadap Permasalahan |
31 | TIK.SM03.006.01 | Memantau Pelayanan Prosedur Tingkat Layanan |
32 | TIK.SM03.007.01 | Menyediakan Manajemen Teknis Dari Operasional Teknologi Informasi |
33 | TIK.SM03.008.01 | Mengelola Aspek Keuangan Dalam Sistem Pelayanan Teknologi Informasi |
Kode unit: TIK.SM01.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengembangkan potensi individu |
1.1. Pelatihan diberikan 1.2. Anggota tim di motivasi 1.3. Target unjuk kerja diberikan |
2. Mengembangkan kinerja tim |
2.1. Tujuan organisasi unjuk kerja dirancang 2.2. Standar prosedur unjuk kerja tim ditetapkan 2.3. Masukan dari anggota tim dicatat 2.4. Hasil kinerja tim dievaluasi 2.5. Hasil kinerja tim yang tidak sesuai diperbaiki |
3. Melakukan koordinasi anggota tim |
3.1. Ruang lingkup masing-masing anggota tim ditetapkan 3.2. Pendekatan kerjasama antar anggota tim dilakukan 3.3. Sumber daya yang efisien digunakan 3.4. Umpan balik dari unjuk kerja diberikan |
4. Mendelegasikan tanggung jawab |
4.1. Tanggung jawab tim ditetapkan dengan jelas 4.2. Tanggung jawab yang harus dijalankan, didelegasikan dengan jelas 4.3. Permasalahan dikomunikasikan dengan jelas pada tim |
Kode unit: TIK.SM01.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menetapkan standar, prosedur dan kebijakan K3 di lingkugan kerja |
1.5. Penerapan K3 sesuai Undang-Undang dilaporkan 1.1. Standar K3 ditetapkan 1.2. Prosedur K3 ditetapkan 1.3. Kebijakan K3 ditetapkan 1.4. Penerapan K3 sesuai Undang-Undang dievaluasi |
2. Melakukan sosialisasi K3 |
2.1. Informasi mengenai K3 dikumpulkan 2.2. Dokumentasi K3 disusun 2.3. Dokumen K3 diajukan kepada pengawas untuk diverifikasi 2.4. Dokumen K3 disosialisasikan pada semua pos kerja 2.5. Dokumen-dokumen K3 diperbaharui secara periodic |
3. Menyediakan saran-saran ergonomis dasar |
3.1. Saran-saran ergonomis dasar dianalisa 3.2. Saran-saran ergonomis dasar diuji 3.3. Saran-saran ergonomis dasar diterapkan |
Kode unit: TIK.SM01.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Merencanakaan dan mempersiapkan pekerjaan |
1.1. Jenis pekerjaan individu di tempat kerja diidentifikasi 1.2. Prosedur standar kerja dipatuhi 1.3. Target hasil pekerjaan ditetapkan 1.4. Peralatan dipersiapkan |
2. Membuat jadwal kerja mandiri |
2.1. Prioritas pekerjaan ditetapkan 2.2. Target waktu pengerjaan ditentukan |
3. Melaksanakan pekerjaan sesuai perencanaan |
3.1. Permasalahan diidentifikasi 3.2. Solusi permanen dirumuskan 3.3. Prioritas pekerjaan dilakukan 3.4. Laporan hasil pekerjaan disusun |
4. Berpartisipasi di dalam tim |
4.1. Aturan kerja tim dirumuskan 4.2. Ruang lingkup tanggung jawab individu ditentukan 4.3. Saran untuk menjamin tercapainya tujuan organisasi diberikan |
Kode unit: TIK.SM01.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan komunikasi dengan pelanggan |
1.1. Kebutuhan pelanggan diidentifikasi 1.2. Lingkungan pelayanan yang efektif melalui komunikasi verbal diterapkan 1.3. Lingkungan pelayanan yang efektif melalui komunikasi tulisan diterapkan 1.4. Solusi kebutuhan pelanggan diberikan sesuai standar prosedur |
2. Melakukan komunikasi dengan organisasi |
2.1. Mekanisme eskalasi kebutuhan pelanggan di dilakukan sesuai standar prosedur 2.2. Permanen solusi didiskusikan 2.3. Perkembangan informasi di catat 2.4. Solusi kebutuhan pelanggan dilaporkan |
Kode unit: TIK.SM01.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melindungi kepentingan pelanggan |
1.1. Kelangsungan pelayanan diberikan konsisten sesuai standar prosedur 1.2. Keamanan informasi dijaga sesuai standar prosedur 1.3. Kerahasiaan pelanggan dilindungi |
2. Memberikan layanan yang berkualitas |
2.1. Perencanaan yang realistis disusun 2.2. Sumber daya yang efisien digunakan dalam unjuk kerja 2.3. Layanan yang diberikan dilaporkan 2.4. Kualitas pelayanan diberikan sesuai tingkat pelayanan |
3. Menjaga hubungan kerja di dalam organisasi |
3.1. Setiap individu diperlakukan sesuai batas tanggung jawab nya 3.2. Keterampilan professional dan pengetahuan secara terus menerus ditingkatkan |
Kode unit: TIK.SM01.006.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Berkontribusi pada manajemen proyek |
1.1. Kebutuhan fungsional dari manajemen proyek diidentifikasi 1.2. Personil yang terlibat ditentukan 1.3. Waktu pelaksanaan proyek ditentukan 1.4. Kualitas hasil proyek ditentukan 1.5. Ruang lingkup proyek ditentukan |
2. Mengelola lingkungan internal dan eksternal |
2.1. Peralatan yang digunakan dipersiapkan 2.2. Informasi mengenai kemajuan proyek kepada pelanggan diberikan sesuai standar prosedur |
3. Mendukung aktifitas proyek |
3.1. Peran dilakukan sesuai dengan standar prosedur proyek 3.2. Pengelolaan proyek dilaporkan 3.3. Permasalahan diidentifikasi 3.4. Pemecahan masalah didiskusikan 3.5. Perubahan ruang lingkup proyek dilaporkan |
Kode unit: TIK.SM01.007.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Merencanakan survei kebutuhan pelanggan |
1.1. Metodologi mengumpulkan informasi ditentukan 1.2. Kebutuhan materi untuk survey dibuat 1.3. Sistem untuk menangani penerimaan data survei disiapkan |
2. Menetapkan kebutuhan pelanggan |
2.1. Informasi kebutuhan pelanggan diidentifikasi 2.2. Identifikasi yang diterima dikonfirmasi kepada pelanggan 2.3. Kebutuhan yang telah ditetapkan dilaporkan 2.4. Gambaran kebutuhan sistem diidentifikasi 2.5. Perbedaan pengetahuan untuk menentukan kebutuhan sistem ditindak lanjuti |
3. Menetapkan metodologi dan kebutuhan dasar |
3.1. Ruang lingkup kebutuhan pelanggan ditetapkan 3.2. Metodologi yang akan digunakan pada proyek dirancang 3.3. Biaya kebutuhan proyek dirancang 3.4. Kualitas SDM yang dibutuhkan ditetapkan 3.5. Waktu pelaksanaan diperkirakan |
Kode unit: TIK.SM01.008.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan pembuatan laporan |
1.1. Data yang akan digunakan di dalam pembuatan laporan diidentifikasi 1.2. Perangkat keras dipersiapkan 1.3. Perangkat lunak yang akan digunakan untuk pembuatan laporan dipersiapkan |
2. Menentukan jenis laporan yang akan dibuat |
2.1. Jenis laporan yang akan dibuat diidentifikasi sesuai kebutuhan 2.2. Format dokumen dibuat 2.3. Layout dokumen dibuat 2.4. Template digunakan ditetapkan 2.5. Pemilihan bahasa ditetapkan |
3. Membuat laporan tertulis |
3.1. Referensi dicantumkan bila ada 3.2. Gambar dicantumkan bila ada 3.3. Tabel dicantumkan bila ada 3.4. Tata kalimat yang benar digunakan 3.5. Dokumen disimpan pada media penyimpanan sesuai prosedur |
4. Melakukan pendistribusian laporan |
4.1. Dokumen disunting jika diperlukan 4.2. Jumlah cetak dokumen ditentukan 4.3. Pendistribusian dokumen dilakukan sesuai prosedur |
Kode unit: TIK.SM01.009.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuat petunjuk teknis |
1.1. Kemampuan sistem diidentifikasi 1.2. Kebutuhan pelanggan disusun 1.3. Referensi petunjuk pelanggan ditentukan 1.4. Laporan petunjuk teknis disusun sesuai standar prosedur |
2. Memberikan petunjuk langsung |
2.1. Petunjuk diberikan sesuai laporan petunjuk teknis 2.2. Pelatihan diberikan sesuai laporan petunjuk teknis |
3. Mengelola tindak lanjut dari pelanggan |
3.1. Masukan dari pelanggan dievaluasi 3.2. Petunjuk teknis dapat dilakukan secara mandiri oleh pelanggan |
Kode unit: TIK.SM01.010.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk perlindungan informasi |
1.1. Konsep perlindungan informasi ditetapkan 1.2. Kebijakan perlindungan informasi ditetapkan 1.3. Standar perlindungan informasi ditetapkan 1.4. Prosedur perlindungan informasi ditetapkan |
2. Menetapkan mekanisme persetujuan sebelum suatu informasi diberikan kepada pihak lain |
2.1. Informasi yang bertentangan diperiksa dan kebutuhan yang tepat ditetapkan 2.2. Persetujuan diakses oleh pihak-pihak terkait |
3. Melakukan evaluasi sistem publikasi secara elektronik |
3.1. Sistem publikasi disosialisasikan 3.2. Penyempurnaan publikasi dilaksanakan sesuai kebutuhan |
Kode unit: TIK.SM02.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengembangkan strategi layanan |
1.1. Kebutuhan bisnis didentifikasi 1.2. Tingkat layanan diidentifikasi 1.3. Strategi layanan dirumuskan |
2. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemenkapasitas pelayanan |
2.1. Konsep manajemen kapasitas pelayanan ditetapkan 2.2. Kebijakan manajemen kapasitas pelayanan ditetapkan 2.3. Standar manajemen kapasitas pelayanan ditetapkan 2.4. Prosedur manajemen kapasitas pelayanan ditetapkan |
3. Melakukan evaluasi kinerja layanan |
3.1. Permasalahan di level kapasitas diidentifikasi 3.2. Setiap perubahan-perubahan yang ada didokumentasikan |
4. Melakukan evaluasi kepatuhan terhadap prosedur dan kebijakan |
4.1. Kebijakan dan standar kapasitas diimplementasikan 4.2. Ulasan proposal bisnis disusun 4.3. Masukan-masukan terkait dengan manajemen kapasitas disusun |
Kode unit: TIK.SM02.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memberikan kontribusi terhadap proses manajemen ketersediaan |
1.1. Standar prosedur telah disiapkan 1.2. Ketersediaan saat ini diidentifikasi 1.3. Ketersediaan dalam periode tertentu dipersiapkan |
2. Menganalisa komponen-komponen ketersediaan sesuai dengan target tingkat layanan yang telah disepakati |
2.1. Tingkat layanan dirumuskan 2.2. Komponen-komponen ketersediaan pada sistem diidentifikasi |
3. Mengatur prosedur pemulihan dokumen dan melakukan pengujian untuk prosedur pemulihan |
3.1. Prosedur pemulihan dokumen dirumuskan 3.2. Pengujian untuk prosedur pemulihan dilakukan |
4. Memberikan saran dan bantuan pada ketersediaan komponen |
4.1. Pelaksanaan manajemen ketersediaan diawasi 4.2. Solusi terhadap penyimpangan diberikan 4.3. Penyimpangan terhadap prosedur diidentifikasi 4.4. Kegiatan perbaikan dilakukan 4.5. Pengaturan untuk pemulihan-pemulihan terhadap kerusakan yang terjadi dilakukan |
5. Melakukan evaluasi kepatuhan terhadap prosedur manajemen ketersediaan |
5.1. Layanan ketersediaan di evaluasi 5.2. Masukan-masukan terkait dengan manajemen ketersediaan disusun |
Kode unit: TIK.SM02.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan pemantauan terhadap kinerja pelayanan |
1.1. Setiap kejadian yang berhubungan dengan layanan dicatat 1.2. Penurunan kinerja pelayanan diidentifikasi 1.3. Laporan terhadap tindak lanjut perjanjian tingkat layanan dibuat |
2. Melakukan analisa secara teratur untuk meningkatkan tingkat pelayanan |
2.1. Peningkatan layanan diidentifikasi 2.2. Identifikasi peningkatanan layanan dilaporkan |
3. Menentukan tingkat layanan yang dilakukan |
3.1. Inisiatif tindakan untuk meningkatkan tingkat layanan di catat 3.2. Masalah-masalah dalam pelayanan diidentifikasi 3.3. Evaluasi secara teratur dilakukan |
4. Mempertahankan katalog layanan |
4.1. Katalog layanan yang sesuai dengan perjanjian di pelihara 4.2. Metode operasional telah ditetapkan 4.3. Target atas tingkat pelayanan telah dipenuhi 4.4. Ulasan proposal perkiraan tingkat layanan disusun |
5. Mengembangkan strategi layanan |
5.1. Strategi layanan dirumuskan 5.2. Evaluasi berdasarkan autorisasi atas sumber daya yang diberikan dilakukan 5.3. Tren bisnis didentifikasi 5.4. Potensi komersial yang ada diidentifikasi |
Kode unit: TIK.SM02.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengelola siklus pengembangan teknologi informasi |
1.1. Pengembangan untuk setiap tahap siklus TI dilaporkan 1.2. Manajemen teknis dari operasional teknologi informasi disediakan 1.3. Tingkat layanan yang telah disepakati dipatuhi 1.4. Jadwal pemeliharaan disusun 1.5. Masalah operasional diidentifikasi |
2. Mengelola sumber daya manusia |
2.1. Kriteria sumber daya yang dibutuhkan diidentifikasi 2.2. Standar profesional pada tingkat manajemen ditetapkan 2.3. Target kinerja ditetapkan 2.4. Kinerja di evaluasi |
3. Mengembangkan strategi untuk pengelolaan sumber daya |
3.1. Alokasi sumber daya TI di bagi berdasarkan otorisasi 3.2. Aturan terhadap tata kelola TI dapat dipatuhi 3.3. Strategi layanan dirumuskan |
Kode unit: TIK.SM02.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan pemeliharaan terhadap catatan keuangan kegiatan layanan TI |
1.1. Seluruh kegiatan keuangan layanan TI direncanakan 1.2. Kegiatan transaksi keuangan dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan 1.3. Hak akses keuangan diberikan otorisasi 1.4. Kegiatan keuangan layanan TI di catat |
2. Melakukan audit terhadap pengeluaran kebutuhan TI |
2.1. Aspek kegagalan pelaksanaan TI diidentifikasi 2.2. Kegiatan keuangan kebutuhan TI yang telah dialokasikan dicatat 2.3. Seluruh area TI dimana terdapat pengeluaran yang melebihi toleransi diperiksa |
3. Mengembangkan strategi manajemen keuangan TI |
3.1. Strategi layanan dirumuskan 3.2. Kebutuhan pengembangan TI diidentifikasi 3.2. Target keuangan kebutuhan TI dipenuhi |
Kode unit: TIK.SM02.006.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengumpulkan data statistik kinerja perangkat lunak |
1.1. Data statistik kinerja direkam 1.2. Data acuan kinerja dirumuskan |
2. Melakukan pemeliharaan sistem perangkat lunak |
2.1. Instalasi sistem perangkat lunak yang telah diperbaharui di uji coba 2.2. Tindakan optimalisasi diambil sesuai dengan prosedur 2.3. Dokumentasi operasional dari sistem perangkat lunak disiapkan |
3. Melakukan evaluasi sistem perangkat lunak |
3.1. Sistem perangkat lunak yang telah diperbaharui dievaluasi 3.2. Kemampuan fungsi sistem perangkat lunak disesuaikan dengan acuan kinerja 3.3. Potensi masalah yang mungkin terjadi diidentifikasi |
Kode unit: TIK.SM02.007.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mendefinisikan hak akses sistem Teknologi Informasi kepada pengguna |
1.1. Pelanggaran terhadap prosedur yang telah ditetapkan diselidiki 1.2. Hak akses sistem TI dapat digunakan 1.3. Keamanan informasi dijaga |
2. Melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan pelanggaran keamanan |
2.1. Pelanggaran terhadap prosedur yang telah ditetapkan diselidiki 2.2. Akses pengguna terhadap sistem didokumentasikan 2.3. Pelanggaran keamanan informasi dilaporkan 2.4. Antisipasi pelanggaran keamanan informasi direkomendasikan |
3. Membuat konsep, kebijakan, standar, prosedur maupun dokumentasi untuk administrasi sistem keamanan |
3.1. Konsep administrasi sistem keamanan dapat ditetapkan 3.2. Kebijakan administrasi sistem keamanan dapat ditetapkan 3.3. Standar administrasi sistem keamanan dapat ditetapkan 3.4. Prosedur administrasi sistem keamanan dapat ditetapkan |
4. Mengembangakan strategi keamanan sistem |
4.1. Kebutuhan hak akses diidentifikasi 4.2. Rekomendasi perbaikan sistem diterapkan 4.3. Strategi keamanan informasi dirumuskan |
Kode unit: TIK.SM02.008.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyelidiki permasalahan pada aplikasi |
1.1. Permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi diidentifikasi 1.2. Solusi terhadap permasalahan diberikan 1.3. Statistik performa dari aplikasi dapat dikumpulkan 1.4. Prosedur eskalasi dirumuskan 1.5. Aktifitas terkait permasalahan aplikasi dilaporkan |
2. Menyediakan alokasi sumber daya manusia sebagai tim pendukung |
2.2. Pelatihan perawatan aplikasi diberikan 2.1. Kategori keahlian sumber daya manusia ditentukan |
3. Membuat konsep pemeliharaan dan prosedur perawatan aplikasi |
3.1. Konsep pemeliharaan aplikasi ditetapkan 3.2. Proedur pemeliharaan aplikasi ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM02.009.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memberikan layanan operasional yang bersifat rutin |
1.1. Layanan rutin operasional dapat dijalankan 1.2. Permasalahan yang menghambat rutin operasional diselesaikan |
2. Memberikan layanan dalam pelaksanaan pemeliharaan dan instalasi produk |
2.1. Layanan pemeliharaan produk diberikan 2.2. Layanan instalasi produk diberikan |
3. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk pemeliharaan produk |
3.1. Kebijakan pemeliharaan produk ditetapkan 3.2. Standar pemeliharaan produk ditetapkan 3.3. Prosedur pemeliharaan produk ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM02.010.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan instalasi, konfigurasi jaringan dan pemeliharaan jaringan |
1.1. Instalasi jaringan sesuai dengan standar prosedur diterapkan 1.2. Konfigurasi jaringan sesuai dengan standar prosedur diterapkan 1.3. Pemeliharaan jaringan sesuai dengan standar prosedur dilakukan |
2. Melakukan sistem backup data |
2.1. Sistem backup data dipersiapkan 2.2. Lama waktu simpan ditetapkan |
3. Mengumpulkan dan melaporkan data statistik kinerja dari jaringan tersebut |
3.1. Statistik kinerja jaringan dikumpulkan 3.2. Statistik kinerja jaringan dilaporkan 3.3. Proposal perbaikan jaringan diusulkan 3.4. Perubahan jaringan diimplementasikan |
4. Mengendalikan operasional jaringan |
4.1. Penggunaan jaringan dipertanggung jawabkan 4.2. Prosedur penggunaan jaringan ditetapkan 4.3. Kinerja jaringan dan lalu lintas data dipantau |
Kode unit: TIK.SM02.011.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan identifikasi masalah siklus TI |
1.1. Masalah dalam pelayanan sistem diidentifikasi 1.2. Pencegahan terhadap masalah dalam pelayanan sistem diterapkan |
2. Membuat dokumentasi aktifitas siklus hidup TI |
2.1. Masalah pada siklus hidup sistem informasi didokumentasikan 2.2. Standar prosedur untuk menangani masalah disusun |
3. Menetapkan resolusi terhadap masalah siklus TI |
3.1. Resolusi untuk masalah yang terjadi ditetapkan 3.2. Resolusi untuk pencegahan masalah ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM02.012.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menanggapi panggilan insiden sesuai dengan prosedur yang telah disepakati |
1.1. Permintaan panggilan insiden diterima 1.2. Panggilan insiden dicatat |
2. Melakukan analisa insiden yang terjadi |
2.1. Permasalahan pada insiden diidentifikasi 2.2. Dokumentasi yang berisi informasi. penyelesaian masalah dipersiapkan 2.3. Solusi terhadap insiden ditetapkan |
3. Membuat dokumentasi terkait penanganan insiden yang terjadi |
3.1. Dokumen pelayanan dibuat 3.2. Distribusi dokumen dilakukan |
4. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemen insiden |
4.1. Konsep manajemen insiden ditetapkan 4.2. Kebijakan manajemen insiden ditetapkan 4.3. Standar manajemen insiden ditetapkan 4.4. Prosedur manajemen insiden ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM02.013.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan identifikasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi |
1.1. Perubahan konfigurasi pada sistem diidentifikasi 1.2. Alat, teknik dan proses pelacakan perubahan konfigurasi digunakan sesuai standar prosedur |
2. Memastikan perlindungan aset terhadap perubahan yang tidak sah |
2.1. Perubahan aset teknologi informasi di luar standar prosedur dicegah 2.2. Sistem backup disediakan |
3. Mengelola konfigurasi item dan informasi yang terkait |
3.1. Konfigurasi item dikelola sesuai standar prosedur 3.2. Aktifitas perubahan konfigurasi menggunakan alat-alat dan teknik yang sesuai dengan standar prosedur dilakukan 3.3. Informasi terkini disediakan |
4. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemen konfigurasi |
4.1. Konsep manajemen konfigurasi ditetapkan 4.2. Kebijakan manajemen konfigurasi ditetapkan 4.3. Standar manajemen konfigurasi ditetapkan 4.4. Prosedur manajemen konfigurasi ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM02.014.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menerapkan perubahan sistem |
1.1. Perubahan yang akan dilakukan diidentifikasi 1.2. Perubahan yang akan dilakukan disetujui sesuai standar prosedur 1.3. Perubahan yang dilakukan didokumentasikan |
2. Melakukan evaluasi hasil perubahan |
2.1. Perubahan telah dilakukan diuji 2.2. Resiko integritas infrastruktur dievaluasi 2.3. Keuntungan yang diperoleh diidentifikasi |
3. Membuat kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemen perubahan |
3.1. Kebijakan manajemen perubahan ditetapkan 3.2. Standar manajemen perubahan ditetapkan 3.3. Prosedur manajemen perubahan ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM02.015.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengelola dokumentasi teknis kegiatan |
1.1. Penggunaan alat dan teknis digunakan dalam proses rilis 1.2. Dokumentasi teknis disusun 1.3. Saran yang diberikan dapat diterima |
2. Malakukan analisa komponen rilis |
2.1. Komponen terkait dijaga konsistensi nya 2.2. Jadwal terkait dijaga konsistensinya 2.3. Hasil test disetujui oleh pengguna |
3. Memastikan transisi layanan dengan baik |
3.1. Manajemen proses ditetapkan 3.2. Rilis yang kritikal dijalankan sesuai prosedur |
4. Melakukan evaluasi pasca rilis |
4.1. Resiko setelah rilis diidentifikasi 4.2. Kemajuan yang terjadi di evaluasi 4.3. Prosedur manajemen perubahan ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM03.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan pemilihan perangkat keras |
1.1. Dokumen analisa spesifikasi perangkat keras dipersiapkan 1.2. Analisa kebutuhan bisnis disusun 1.3. Dokumen analisa keterkaitan dengan sistem lain disusun 1.4. Dokumen dukungan terhadap aplikasi disusun 1.5. Dokumen analisa kompatibilitas disusun |
2. Melakukan analisa operasional |
2.3. Personil operasional ditentukan 2.4. Panduan operasional dipersiapkan 2.5. Dukungan dan perawatan dari penyedia perangkat keras disediakan 2.1. Instalasi perangkat keras dilakukan 2.2. Laporan transaksi secara berkala dicatat |
3. Melakukan perawatan secara berkala |
3.1. Stabilitas performa unjuk kerja dari perangkat keras dijaga 3.2. Laporan stabilitas performa disusun |
Kode unit: TIK.SM03.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memilih perangkat lunak |
1.1. Dokumen analisa spesifikasi perangkat lunak dipersiapkan 1.2. Analisa kebutuhan bisnis disusun 1.3. Dokumen analisa keterkaitan dengan sistem lain disusun 1.4. Dokumen dukungan terhadap aplikasi disusun 1.5. Dokumen analisa kompatibilitas disusun |
2. Melakukan analisa operasional |
2.1. Instalasi perangkat lunak dilakukan 2.2. Laporan transaksi secara berkala dicatat 2.3. Personil operasional ditentukan 2.4. Panduan operasional dipersiapkan 2.5. Dukungan dan perawatan dari penyedia perangkat lunak disediakan |
3. Melakukan perawatan secara berkala |
3.1. Stabilitas performa unjuk kerja dari perangkat lunak dijaga 3.2. Laporan stabilitas performa disusun |
Kode unit: TIK.SM03.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengatur koordinasi tim operasional |
1.1. Dokumen standar operasional disusun 1.2. Struktur tim operasional ditetapkan 1.3. Ketua kelompok ditetapkan 1.4. Pembagian tugas yang jelas ditetapkan |
2. Melakukan evaluasi kinerja |
2.1. Dokumen indikator performa disusun 2.2. Hasil kinerja setiap individu di evaluasi 2.3. Hasil evaluasi ditindak lanjuti |
Kode unit: TIK.SM03.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen layanan otorisasi akses |
1.1. Kebijakan otorisasi hak akses ditetapkan 1.2. Standar otorisasi hak akses ditetapkan 1.3. Prosedur otorisasi hak akses ditetapkan |
2. Menerapkan layanan otorisasi akses |
2.1. Potensi pelanggaran diidentifikasi 2.2. Dokumentasi catatan transaksi di susun 2.3. Hak akses diberikan 2.4. Sosialisasi hak akses disampaikan |
3. Membuat daftar otorisasi penggunaan bagi setiap pengguna aplikasi |
3.1. Daftar individu yang berhak mempunyai akses terhadap sistem dimiliki 3.2. Hak akses untuk setiap individu sesuai kebutuhannya terhadap bisnis ditentukan 3.3. Pemetaan antara individu, hak akses dan kebutuhan bisnis disetujui oleh penanggung jawab sistem 3.4. Fasilitas modifikasi diberikan sesuai prosedur |
Kode unit: TIK.SM03.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Dokumentasi insiden disusun |
1.1. Laporan insiden yang terjadi di susun 1.2. Klasifikasi jenis insiden yang dieskalasi diidentifikasi 1.3. Penalti terhadap kesalahan baik untuk tim operasional maupun penyedia layanan ditentukan |
2. Mengambil tindakan terhadap insiden yang terjadi |
2.1. Insiden yang terjadi di analisa 2.2. Insiden yang terjadi di eskalasi 2.3. Solusi permanen disediakan 2.4. Waktu penyelesaian disesuaikan dengan tingkat layanan |
3. Menentukan personil yang bertanggung jawab |
3.1. Tingkatan manajemen yang bertanggung jawab untuk setiap insiden yang terjadi disiapkan 3.2. Kondisi yang menyebabkan insiden dieskalasi ketingkat berikut nya ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM03.006.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan evaluasi terhadap tingkat layanan |
1.1. Informasi setiap kegiatan di dokumentasikan 1.2. Bukti persetujuan setiap kegiatan didokumentasikan 1.3. Jumlah kinerja dihitung 1.4. Laporan periodik disusun |
2. Melakukan analisa tingkat layanan |
2.1. Catatan aktifitas dan perjanjian diperbandingkan 2.2. Ketepatan kuantitas personil diidentifikasi 2.3. Ketepatan kualitas personil diidentifikasi 2.4. Penyesuaian untuk target ditetapkan |
3. Melakukan audit pekerjaan |
3.1. Masukan ke dalam layanan diidentifikasi 3.2. Keluaran dari layanan diidentifikasi 3.3. Laporan audit disusun |
Kode unit: TIK.SM03.007.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan tindakan operasional TI |
1.1. Kejadian insiden dilaporkan 1.2. Jadwal operasional ditetapkan 1.3. Desain TI ditetapkan 1.4. Instalasi infrastruktur dilaporkan 1.5. Pelaksanaan operasional TI di laporkan |
2. Melakukan evaluasi operasional TI |
2.1. Analisa tingkat layanan dilaporkan 2.2. Masukan dievaluasi 2.3. Keluaran dievaluasi 2.4. Analisa perubahan dilaporkan 2.5. Permanen solusi dirumuskan |
3. Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemen operasional |
3.1. Konsep manajemen operasional ditetapkan 3.2. Kebijakan manajemen operasional ditetapkan 3.3. Standar manajemen operasional ditetapkan 3.4. Prosedur manajemen operasional ditetapkan |
Kode unit: TIK.SM03.008.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memelihara catatan keuangan |
1.1. Seluruh transaksi dicatat 1.2. Persetujuan seluruh transaksi di catat 1.3. Periode waktu penyimpanan catatan keuangan ditetapkan |
2. Melakukan perencanaan |
2.1. Keperluan proyek dihitung 2.2. Keperluan operasional dihitung 2.3. Rencana pendapatan ditetapkan 2.4. Kelayakan suatu kegiatan ditentukan |
3. Melakukan audit internal kegiatan keuangan |
3.1. Transaksi fiktif diidentifikasi 3.2. Aliran keuangan diidentifikasi |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma