Pembuat Ide Gerak dan Cerita (Generalist)

Terdapat 15 unit dalam skema ini:

No. Kode Unit Nama Unit
1 J.591120.001.01 Melakukan pemindaian digital
2 J.591120.003.01 Melakukan perekaman rancangan dialog
3 J.591120.004.01 Membuat gerak digital non character
4 J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)
5 J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic/previsualisation)
6 J.591120.015.01 Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
7 J.591120.016.01 Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
8 J.591120.017.01 Membuat gerak digital character
9 J.591120.018.01 Membuat gerak digital puppeteer
10 J.591120.024.01 Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)
11 J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)
12 J.591120.030.01 Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)
13 J.591120.031.01 Membuat Sudut Pandang Kamera Digital
14 J.591120.044.01 Melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)
15 J.591120.045.01 Melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)
Unit #1: Melakukan pemindaian digital

Kode unit:
J.591120.001.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menyiapkan urutan pemindaian

1.1. Kertas penggambaran dalam urutan pemindaian dikumpulkan

1.2. Nomor kertas penggambaran diurutkan

1.3. Shoot / scene / cut penceritaan dikategorikan berdasarkan urutan

2. Menyiapkan perangkat pemindaian digital

2.1. Kelengkapan pemindaian digital berupa perangkat keras komputer aplikasi pemindaian digital dan perangkat keras pemindaian digital disiapkan

2.2. Posisi penyangga kertas (packbar) terhadap perangkat keras pemindaian digital diperiksa

2.3. Kalibrasi kertas terhadap perangkat lunak pemindaian digital dilakukan

3. Melaksanakan pemindaian digital

3.1. Kelengkapan pemindaian digital berupa perangkat keras komputer, aplikasi pemindaian digital dan perangat keras pemindaian digital disiapkan

3.2. Posisi penyangga kertas (packbar) terhadap perangkat keras pemindaian digital diperiksa

3.3. Kalibrasi kertas terhadap perangkat lunak pemindaian digital dilakukan

4. Mengorganisir data digital

4.1. Pengelompokan data digital sesuai aturan penyimpanan data digital dilakukan

4.2. Pelaporan kerja terhadap data yang telah dipindai diorganisir


Unit #2: Melakukan perekaman rancangan dialog

Kode unit:
J.591120.003.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Melakukan persiapan perekaman rancangan dialog

1.1. Skenario dan storyboard berdasarkan cut/scene/shoot disiapkan

1.2. Susunan perekaman dan pelaku perekaman berdasarkan cut/scene/shoot diidentifikasi

1.3. Jadwal perekaman dialog dibuat

2. Mengorganisir komponen dialog dan data perekaman

2.1. Perekaman dialog dilakukan sesuai dengan cara yang telah ditetapkan ditempat perekaman

2.2. Hasil perekaman disimpan dalam format penyimpanan yang telah ditetapkan

2.3. Urutan penyimpanan disusun rapi sesuai standar pengorganisasian data perekaman


Unit #3: Membuat gerak digital non character

Kode unit:
J.591120.004.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menyiapkan komponen/ objek/ model sesuai storyboard

1.1. Objek digital non character dan alur pergerakan berdasarkan storyboard/ animatic diidentifikasi

1.2. Kontrol pergerakan dalam komponen/ objek/ model diujicoba

2. Mengidentifikasi mekanika sistem gerak (rigging)

2.1. System kerja mekanika gerak digtal teridentifikasi

2.2. Proses pergerakan disimpan secara berkala (progressive file)

2.3. Preview gerak dilakukan sesuai dengan prosedur


Unit #4: Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)

Kode unit:
J.591120.005.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menyiapkan gambar utama (key drawing)

1.1. Gambar utama (key drawing) disiapkan

1.2. Alur pergerakan dan jumlah penggambaran diidentifikasi

2. Menggambarkan sekuensial gerak dari gambar utama (key drawing)

2.1. Gerakan dan ekspresi setiap benda/ karakter digambar secara sequensial sesuai storyboard

2.2. Gerakan setiap gambar sela dibuat selaras dengan gambar utama

3. Melakukan Clean up gambar

3.1. Garis sketsa gambar utama (keyframe) dan sketsa gambar sela (inbetween) dibersihkan

3.2. Garis gambar utama (keyframe) dan gambar sela (inbetween) dipertegas (tracing)


Unit #5: Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic/previsualisation)

Kode unit:
J.591120.006.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mempersiapkan skenario dan storyboard

1.1. Alur cerita dianalisa sesuai tuntutan skenario dan storyboard berdasarkan arahan sutradara

1.2. Urutan pengambaran dipilah berdasarkan scene/shot/cut

2. Mengorganisir aset gambar dan suara kedalam aplikasi penyuntingan digital

2.1. Aset gambar dan suara dalam format digital dikumpulkan

2.2. Aset gambar dan suara digital diurutkan sesuai cerita dalam aplikasi penyunting gambar digital

3. Mewujudkan cerita melalui gambar dan suara dengan pendekatan durasi penceritaan dari adegan ke adegan

3.1. Timing yang diperlukan pada setiap adegan dan alur cerita keseluruhan ditentukan berdasarkan arahan sutradara

3.3. Audio dan visual disesuaikan sehingga memenuhi alur cerita yang diperlukan

3.2. Urutan gambar dan urutan suara/ dialog ditempatkan sesuai storyboard


Unit #6: Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)

Kode unit:
J.591120.015.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi artikulasi dari objek 3 Dimensi

1.1. Pola gerakan objek teridentifikasi

1.2. Mekanika gerak objek terhadap desain objek teridentifikasi

2. Menyusun struktur mekanika (rigging) sesuai dengan artikulasi dari objek 3 Dimensi

2.1. Struktur mekanika sesuai proporsi objek 3 dimensi teridentifikasi

2.2. Struktur mekanika sesuai topology objek 3 dimensi teridentifikasi

3. Membuat mekanika pengaturan gerak dari objek 3 Dimensi

3.1. Penempatan kontroler disesuaikan dengan fungsi mekanika gerak

3.2. Identifikasi pengaruh sambungan permukaan (skinning) terhadap mekanika gerak digital (rigging) terevaluasi secara berkala

3.3. Hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan/ penyempurnaan terhadap struktur topologi model 3 dimensi


Unit #7: Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)

Kode unit:
J.591120.016.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi cerita dan alur gerak berdasarkan skenario, storyboard, layout, karakter desain dan sutradara

1.2. Sifat dan kekhasan karakter dianalisa

1.1. Skenario, layout dan karakter desain teridentifikasi

2. Mengidentifikasi acting dan ekspresi setiap karakter

2.2. Gerakan utama (key) setiap karakter digambar

2.1. Gerakan dan ekspresi setiap karakter diidentifikasi berdasarkan sifat dan kehasan karakter, arahan sutradara dan storyboard

3. Melakukan penggambaran gerak

3.1. Akting setiap karakter dengan memberikan emosi dan ekspresi termasuk dialog tergambarkan

3.2. Gambar setiap gerakan dibuat berdasarkan terapan prinsip animasi

3.3. Gerakan setiap karakter diselaraskan pada setiap cut sesai dengan layout yang telh disediakan

3.4. Tahap kerja disesuaikan standard prosedur kerja


Unit #8: Membuat gerak digital character

Kode unit:
J.591120.017.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi cerita, storyboard dan karakter desain kedalam pola gerak digital

1.1. Cerita, storyboard dan karakter desain teridentifikasi

1.2. Rencana gerak berdasarkan cerita dan storyboard teridentifikasi

2. Mengidentifikasi mekanika sistem gerak (rigging)

2.1. System kerja mekanika gerak digital teridentifikasi

2.2. Terapan kontrol mekanika gerak teridentifikasi

3. Melakukan pergerakan digital karakter

3.1. Terapan prinsip dasar animasi dilakukan pada cut/scene/shoot sesuai cerita dan storyboard

3.2. Akting setiap karakter dengan memberikan emosi dan ekspresi termasuk dialog tervisualkan secara digital

3.3. Tahapan kerja disesuaikan standard prosedur kerja


Unit #9: Membuat gerak digital puppeteer

Kode unit:
J.591120.018.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi cerita, storyboard dan karakter desain kedalam pola gerak digital puppeteer

1.2. Rencana gerak berdasarkan cerita dan storyboard teridentifikasi

1.1. Cerita, storyboard dan karakter desain teridentifikasi

2. Mengidentifikasi acting dan ekspresi setiap karakter

2.1. System kerja mekanika gerak digital teridentifikasi

2.2. Terapan kontrol mekanika gerak teridentifikasi

3. Melakukan penggambaran gerak

3.1. Terapan prinsip dasar animasi dilakukan pada cut / scene / shoot sesuai cerita dan storyboard

3.2. Akting setiap karakter dengan memberikan emosi dan ekspresi termasuk dialog tervisualkan secara digital

3.3. Tahapan kerja disesuaikan standard prosedur kerja


Unit #10: Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)

Kode unit:
J.591120.024.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi cerita (skenario) dan storyboard kedalam aspek simulasi dinamis objek digital

1.1. Element simulasi dinamis objek digital yang terinformasikan dalam cerita (skenario) dan Storyboard diidentifikasi

1.2. Penerapan simulasi dinamis objek digital dalam cerita (skenario) dan Storyboard dianalisa

2. Membuat aspek teknikal pada simulasi dinamis objek digital

2.1. Program Aplikasi yang tersedia dipilih dengan tuntutan teknikal dalam penceritaan

2.2. Metode pendekatan terhadap solusi secara teknikal pada setiap cut/scene/shoot dianalisa

2.3. Melakukan pengerjaan aspek tehnikal didasari arahan teknikal director dan director sesuai cut/scene/shoot

3. Membuat teknik sambungan antar objek 3D dan mekanika (rigging)

3.1. Terapan sambungan permukaan (skinning) dalam software 3 Dimensi disesuaikan dengan standard prosedur kerja

3.2. Pengaruh sambungan permukaan (skinning) terhadap mekanika gerak digital (rigging) dievaluasi secara berkala

3.3. Hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan/ penyempurnaan terhadap struktur topologi model 3 dimensi


Unit #11: Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)

Kode unit:
J.591120.026.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menganalisa skenario dan storyboard

1.2. Urutan pengambaran berdasarkan scene/shot/cut dikelompokan

1.1. Alur cerita dianalisa sesuai tuntutan skenario, storyboard dan animatic berdasarkan arahan sutradara

2. Mengorganisir asset gambar dan suara kedalam aplikasi penyuntingan digital

2.1. Aset gambar dan suara dalam format digital dikumpulkan

2.2. Aset gambar dan suara digital sesuai urutan penceritaan dalam aplikasi penyunting gambar digital diorganisir

3. Membuat cerita melalui gambar dan suara dengan pendekatan durasi penceritaan dari adegan ke adegan

3.1. Timing yang diperlukan pada setiap adegan dan alur cerita keseluruhan ditentukan berdasarkan arahan sutradara

3.2. Penempatan urutan gambar disesuaikan dengan storyboard dan animatic

3.3. Urutan suara (dialog) sesuai deskripsi storyboard dan animatic dimasukan pada timeline editing

3.4. Audio dan Visual disesuaikan sehingga memenuhi kesesuaian alur cerita

4. Membuat format media digital

4.1. Kualitas akhir dalam format digital diidentifikasikan

4.2. Pemilihan media digital sebagai output terakhir dalam pengerjaan ditentukan sesuai pipeline kerja produksi


Unit #12: Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)

Kode unit:
J.591120.030.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menginterpretasikan naskahkedalam gambar

1.1. Struktur dan alur penceritaan yang terbagi atas cut/scene/shoot diidentifikasikan

1.2. Element visual cut/scene/shoot yang menjadi panel gambar dapat dibuat

2. Menggambar storyboard

2.1. Shot direction yang meliputi deksripsi acuan kamera, perpindahan gambar, perspektif, panduan gerak dan durasi diidetifikasikan dalam pengambaran

2.2. Standard pengambaran panel dibuat berdasarkan standar prosedur kerja


Unit #13: Membuat Sudut Pandang Kamera Digital

Kode unit:
J.591120.031.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasi kebutuhan sudut pandang yang diperlukan berdasarkan storyboard

1.1. Sudut padang dan pergerakan kamera dalam storyboard diidentifikasi

1.2. Jenis lensa dalam storyboard dianalisa

2. Mengimplementasi kamera digital pada bidang gambar / kerja digital

2.1. Penempatan sudut pandang dalam bidang digital diidentifikasi sesuai acuan storyboard

2.2. Pergerakan kamera dilakukan sesuai kualifikasi emosi cerita


Unit #14: Melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)

Kode unit:
J.591120.044.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Menganalisa storyboard kedalam komponen gerak

1.1. Rancangan gerak dari gambar storyboard dipersiapkan

1.2. Koreografi gerak dari skenario, storyboard serta karakter desain diidentifikasi

2. Mengarahkan dan menjaga kualitas pergerakan

2.2. Visi misi sutradara dalam koreografi gerak dikoordinasikan dengan team produksi

2.1. Prinsip dasar gerak yang benar, kualitas pergerakan secara umum diidentifikasi kepada team produksi


Unit #15: Melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)

Kode unit:
J.591120.045.01

Elemen Kompetensi Kriteria Unjuk Kerja
1. Mengidentifikasikan skenario penceritaan dan menterjemahkan kedalam konsep visual

1.2. Pencitraan visual mampu dikembangkan secara kreatif

1.1. Pencitraan visual dari skenario, pemilihan sudut pandang gambar, cahaya dan adegan secara keseluruhan diidentifikasi

2. Mengkoordinasikan kerja antar team pada semua proses visual dalam produksi

2.3. Komunikasi antar team dikoordinasikan secara jelas

2.1. Pengarahan kerja, kualitas kerja dan artistik visual pada setiap team direncanakan

2.2. Proses kerja kreatif, teknikal dan artistik dapat diarahkan

3. Mengarahkan kualitas visual dan suara dalam paska produksi

3.1. Proses penentuan hasil akhir berupa penggabungan audio visual dikoordinasikan bersama team pengawas bidang produksi

3.2. Koordinasi antar perancang visual akhir dan perancang audio akhir direncanakan


© 2025 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma