Terdapat 16 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | PAR.PE.01.001.01 | Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan |
2 | PAR.PE.01.002.01 | Bekerja dalam Lingkungan Sosial yang berbeda |
3 | PAR.PE.01.003.01 | Mengikuti Prosedur kesehatan, Keselamatan dan keamanan di tempat kerja |
4 | PAR.PE.01.004.01 | Menangani situasi Konflik |
5 | PAR.PE.01.005.01 | Mengembangkan dan memutakirkan pengetahuan Budaya Pariwisata |
6 | PAR.PE.02.001.01 | Bekerja Sebagai Kepemanduan Ekowisata |
7 | PAR.PE.02.002.01 | Mengembangkan dan memelihara pengetahuan tentang Ekowisata |
8 | PAR.PE.02.003.01 | Mengkoordinasikan dan mengoperasikan Perjalanan Ekowisata |
9 | PAR.PE.02.004.01 | Menyiapkan dan menyajikan Informasi Ekowisata |
10 | PAR.PE.02.005.01 | Merencanakan dan menerapkan kegiatan yang berdampak negative rendah terhadap lingkungan dan sosial Budaya |
11 | PAR.PE.03.001.01 | Administrasi Umum |
12 | PAR.PE.03.002.01 | Administrasi Keuangan |
13 | PAR.PE.03.003.01 | Teknologi Komputer |
14 | PAR.PE.03.004.01 | Kepemimpinan |
15 | PAR.PE.03.005.01 | Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan |
16 | PAR.PE.03.006.01 | Bahasa Inggris dalam bidang kerja |
Kode unit: PAR.PE.01.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Berkomunikasi di Tempat Kerja |
1.1. Berkomunikasi dengan kolega kerja dan wisatawan yang dilakukan secara terbuka profesional dan ramah 1.2. Bahasa dan nada suara digunakan dengan tepat 1.3. Pengaruh bahasa tubuh perlu dipertimbangkan 1.4. Kepekaan akan perbedaan kebudayaan dan sosial diperlihatkan 1.5. Untuk memastikan efektivitas komunikasi dua arah mendengarkan dan bertanya dengan aktif 1.6. Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi serta mencari solusinya dengan bantuan kolega apabila dibutuhkan |
2. Menyediakan bantuan kepada wisatawan di dalam dan di luar perusahaan |
2.1. Kebutuhan dan harapan wisatawan diidentifikasi termasuk kebutuhan khusus secara benar dan diberikan produk serta layanan yang tepat 2.2. Berkomunikasi dengan wisatawan dengan ramah dan sopan 2.3. Semua kebutuhan dan permintaan yang layak dari wisatawan dipenuhi dalam jangka waktu yang dapat diterima perusahaan 2.4. Kesempatan untuk mempertinggi kualitas layanan diidentifikasi dan dilakukan bilamana memungkinkan 2.5. Ketidakpuasan wisatawan diketahui dengan cepat dan diambil tindakan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan tingkat tanggung jawab masing-masing dan tata cara perusahaan 2.6. Keluhan wisatawan ditangani dengan sungguh-sungguh peka dan sopan 2.7. Keluhan disampaikan kepada orang yang tepat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan tingkat tanggung jawabnya |
3. Memelihara standar kinerja pribadi |
3.1. Digunakan standar kerja yang tinggi dengan mempertimbangkan : 3.1. 1 tempat kerja 3.1. 2 masalah kesehatan dan keselamatan 3.1. 3 pengaruh dari jenis wisatawan yang berbeda-beda 3.1. 4 persyaratan kinerja presentasi khusus untuk fungsi pekerjaan khusus |
4. Bekerja dalam satu tim |
4.1. Kepercayaan, dukungan, dan rasa hormat ditunjukkan kepada anggota tim di dalam melakukan kegiatan sehari- hari 4.2. Perbedaan kebudayaan diakomodasi di antara tim 4.3. Tujuan kerja tim diidentifikasi bersama-sama 4.4. Tugas-tugas individu diidentifikasi, diprioritaskan, dan dilengkapi dalam tenggang waktu yang telah ditentukan 4.5. Dicari bantuan dari anggota tim apabila diperlukan 4.6. Bantuan ditawarkan kepada kolega untuk mencapai Tujuan kerja yang telah ditetapkan 4.7. Umpan balik dan informasi diterima dari anggota tim 4.8. Dinegosiasikan kembali perubahan tanggung jawab masing-masing untuk memenuhi tujuan kerja yang telah direvisi |
Kode unit: PAR.PE.01.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Komunikasi dengan Wisatawan dan Kolega dari Berbagai Latar Belakang |
1.1. Para wisatawan dan kolega dari berbagai latar belakang budaya dihargai dan diperlakukan dengan hormat dan tenggang rasa 1.2. Adanya perbedaan budaya dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis dipertimbangkan 1.3. Diupayakan penggunaan komunikasi melalui isyarat tubuh atau memakai kata-kata sederhana dalam bahasa orang yang diajak bicara bilamana terdapat hambatan dalam bahasa 1.4. Bantuan dari kolega buku referensi atau organisasi luar diupayakan bilamana diperlukan |
2. Menghadapi Kesalahpahaman Antarbudaya |
2.1. Persoalan yang mungkin mengakibatkan konflik atau kesalahpahaman diidentifikasi di tempat kerja 2.2. Kesulitan disampaikan kepada orang yang tepat dan mencari bantuan dari pimpinan tim/atasan 2.3. Kemungkinan adanya perbedaan budaya dipertimbangkan apabila ditemui kesulitan atau kesalahpahaman 2.4. Berupaya memecahkan kesalahpahaman yang terjadi dengan mempertimbangkan budaya 2.5. Persoalan dan masalah yang timbul diserahkan kepada pimpinan tim / penyelia untuk ditindaklanjuti |
Kode unit: PAR.PE.01.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengikuti Prosedur Kesehatan Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja |
1.1. Prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan diikuti dengan benar sesuai dengan peraturan perusahaan dan peraturan pemerintah serta memenuhi syarat-syarat asuransi 1.2. Pelanggaran terhadap prosedur kesehatan keselamatan dan keamanan diidentifikasi dan dilaporkan 1.3. Segala bentuk perilaku dan kejadian yang mencurigakan dilaporkan kepada yang berwenang |
2. Menangani Keadaan Darurat dan Mengantisipasi |
2.1. Keadaan darurat dikenali dan diambil tindakan yang tepat untuk dilaksanakan oleh yang bertanggung jawab 2.2. Prosedur keadaan darurat diikuti sesuai dengan ketentuan perusahaan 2.3. Bantuan dari kolega dan/atau orang berwenang dicari bilamana diperlukan 2.4. Keadaan darurat dilaporkan secara rinci sesuai dengan peraturan perusahaan |
3. Mempertahankan Standar Penampilan Pribadi |
3.1. Penampilan pribadi di tempat kerja harus senantiasa memperhatikan hal-hal mengenai lingkungan kerja kesehatan dan keselamatan kerja meliputi : 3.1. 1 cara berdandan yang rapi dengan memperhatikan kesehatan 3.1. 2 berpakaian dan menggunakan alas kaki yang tepat |
4. Memberikan umpan balik mengenai kesehatan keselamatan dan keamanan |
4.1. Hal-hal yang perlu diperhatikan diidentifikasi 4.2. Hal-hal tersebut disampaikan kepada orang yang ditunjuk sesuai dengan syarat-syarat perusahaan dan peraturan pemerintah |
Kode unit: PAR.PE.01.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi Situasi Konflik |
1.1. Potensi konflik diidentifikasi secepatnya dan diambil tindakan secara cepat dan bijaksana agar konflik tidak bertambah buruk 1.2. Situasi yang mungkin dapat mengancam keamanan pribadi konsumen atau kolega diidentifikasi dengan cepat dan segera dicari bantuan yang tepat |
2. Mengatasi Situasi Konflik |
2.2. Pandangan orang lain diterima dan ditampung serta diperlakukan dengan hormat 2.3. Keterampilan berkomunikasi digunakan secara efektif untuk membantu menangani konflik yang terjadi 2.4. Teknik pemecahan konflik yang telah disepakati digunakan untuk menangani situasi konflik dan mengembangkan solusi 2.1. Bertanggung jawab untuk memecahkan konflik yang terjadi sebatas tanggung jawab masing-masing |
3. Menanggapi Keluhan Konsumen |
3.1. Keluhan ditangani secara sensitif sopan dan bijaksana 3.2. Bertanggung jawab untuk menangani keluhan 3.3. Keadaan dan rincian keluhan dijelaskan serta disepakati bersama dengan Wisatawan 3.4. Diambil tindakan yang tepat untuk mengatasi keluhan demi kepuasan konsumen sejauh hal itu memungkinkan 3.5. Teknik digunakan untuk mengalihkan keluhan menjadi pujian untuk menunjukkan pelayanan berkualitas tinggi kepada wisatawan 3.6. Setiap dokumentasi yang diperlukan dilengkapi dengan akurat dan dalam batas waktu tertentu |
Kode unit: PAR.PE.01.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. . Mencari Informasi pada Industri Pariwisata |
1.1. Sumber informasi mengenai industri pariwisata diidentifikasi dan didapatkan dengan benar 1.2. Didapatkan informasi spesifik mengenai sektor pekerjaan 1.3. Diterapkan informasi industri dengan benar dalam pekerjaan sehari-hari 1.4. Informasi didapatkan untuk membantu kinerja pekerjaan yang efektif dalam industri termasuk informasi mengenai : 1.4. 1 kepentingan ekonomi dan sosial bagi industri pariwisata dan peranan masyarakat setempat; 1.4. 2 pasar pariwisata yang berbeda dan relevansinya terhadap sektor industri; 1.4. 3 hubungan antara industri pariwisata dan industri lainnya; 1.4. 4 berbagai sektor industri hubungan antar mereka dan pelayanan yang ada dalam setiap sektor; 1.4. 5 Lembaga-lembaga industri pariwisata yang besar; 1.4. 6 isu lingkungan untuk pariwisata; 1.4. 7 hubungan industri; 1.4. 8 keunggulan spesifik dari industri lokal/regional; 1.4. 9 kesempatan karier dalam industri; 1.4. 10 Peranan dan tanggung jawab setiap anggota staf dalam bisnis pariwisata yang berhasil; 1.4. 11 organisasi pekerjaan dan manajemen waktu; 1.4. 12 Jaminan mutu |
2. Memperbarui Pengetahuan Industri Pariwisata |
2.1. Digunakan hasil penelitian, baik secara formal maupun informal, untuk memperbaharui pengetahuan umum di bidang industri pariwisata 2.2. Pengetahuan yang baru dibagikan kepada wisatawan dan kolega dan diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari |
Kode unit: PAR.PE.02.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menerapkan Pengetahuan Ekowisata dalam kegiatan pemanduan |
1.1. Aktivitas pemanduan ekowisata dilaksanakan sesuai dengan tanggungjawab dan peran seorang pemandu ekowisata 1.2. Sumber sumber informasi diidentifikasi dan dihubungi secara benar 1.3. Pengetahuan dan prinsip-prinsip ekowisata diterapkan secara konsisten sesuai dengan kebutuhan wisatawan kondisi alam setempat dan sosial budaya 1.4. Pengetahuan tentang industri dan jejaring industri digunakan dengan benar 1.5. Menerapkan prinsip-prinsip serta pengetahuan terbaru tentang konservasi alam dan sosial budaya dalam kegiatan pemanduan |
2. Melaksanakan tugas berdasarkan Kode Etik Pramuwisata peraturan yang berlaku prosedur keselamatan dan prinsip meminimalkan dampak negatif |
2.1. Aktivitas pemanduan ekowisata sehari-hari dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku 2.2. Pemanduan dilaksanakan sesuai dengan Kode Etik Pramuwisata 2.3. Pemanduan dilaksanakan sesuai dengan prosedur keselamatan dan dengan cara yang meminimalkan resiko pada wisatawan ataupun rekan sejawat 2.4. Pemanduan dilaksanakan dengan cara meminimalkan dampak negatif terhadapsosial budaya dan sumber daya alam |
3. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pemandu ekowisata |
3.1. Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan pemandu ekowisata ditingkatkan 3.2. Sumber-sumber bantuan dan dukungan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemandu ekowisata dicari dan digunakan 3.3. Berbagi pengetahuan dilakukan dengan rekan-rekan pemandu ekowisata |
Kode unit: PAR.PE.02.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mencari informasi tentang ekowisata |
1.1. Sumber-sumber informasi utama untuk topik ekowisata diidentifikasi dengan benar 1.2. Hasil penelitian secara formal dan informal digunakan dengan benar agar informasi yang diberikan dapat tepat akurat dan relevan tentang topik ekowisata 1.3. Kebenaran dan kredibilitas sumber informasi diuji 1.4. tema-tema potensial diidentifikasi berdasarkan hasil kontak langsung dengan wisatawan dan para mitra dari pelaku industri pariwisata 1.5. Pencarian materi difokuskan pada yang berpotensi menjadi minat wisatawan |
2. Memutakhirkan informasi tentang ekowisata |
2.1. Pengetahuan yang mutakhir diseleksi dan dibagi kepada wisatawan dan kolega kerja 2.2. Informasi yang mutakhir dikumpulkan untuk membantu kinerja yang efektif termasuk diantaranya : 2.2. 1. Pengetahuan tentang dasar-dasar ekologi 2.2. 2. Pengelolaan keanekaragaman hayati di Indonesia 2.2. 3. Pengetahuan umum tentang isu lingkungan global 2.2. 4. Isu tentang budaya dan ekonomi masyarakat setempat yang terkait dengan perkembangan ekowisata 2.2. 5. Kode Etik Pramuwisata 2.2. 6. Teknik-teknik berdampak minimal terhadap lingkungan 2.2. 7. Keunggulan/keunikan spesifik produk lokal 2.2. 8. Kesempatan berkarier dalam industri pariwisata 2.2. 9. Pengorganisasian pekerjaan dan manajemen waktu 2.2. 10. Peranan dan tanggung jawab setiap anggota staf dalam bisnis ekowisata yang berhasil 2.2. 11. Standar jaminan mutu pelayanan |
Kode unit: PAR.PE.02.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Merencanakan kegiatan perjalanan ekowisata |
1.1. Kegiatan wisata direncanakan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di kawasan dan tujuan kunjungan wisatawan 1.2. Perencanaan disesuaikan dengan faktor-faktor berikut : 1.2. 2 minat khusus wisatawan (special interest) 1.2. 3 jumlah wisatawan 1.2. 4 lamanya pelaksanaan wisata 1.2. 5 rencana perjalanan spesifik yang diinginkan 1.2. 6 permintaan khusus wisatawan (special request) 1.2. 7 bentuk informasi yang diinginkan 1.2. 8 lokasi wisata 1.2. 9 Iklim 1.2. 10 peralatan dan sumber daya yang diperlukan 1.2. 11 Pertimbangan biaya 1.2. 12 pertimbangan lingkungan dan sosial budaya 1.2. 13 pertimbangan bahasa 1.3. Skala prioritas dalam merencanakan kegiatan ekowisata ditentukan 1.4. Perjalanan wisata yang akan dilaksanakan dipastikan dapat meminimalkan dampak negatif terhadap sosial budaya dan sumber daya alam |
2. Memberikan penjelasan singkat kepada wisatawan |
2.1. Wisatawan disambut dan diberikan penjelasan singkat tentang pelaksanaan kegiatan ekowisata, termasuk hal-hal berikut: 2.1.1. rencana perjalanan termasuk rute, jadwal, dan acara yang penting 2.1.2. prosedur Kesehatan dan keselamatan 2.1.3. peraturan-peraturan local 2.1.4. prosedur di tempat-tempat khusus dan tempat perhentian 2.1.5. peraturan dan persyaratan untuk rombongan 2.1.6. pertimbangan lingkungan dan sosial budaya 2.1.7. adat istiadat setempat dan etika kesopanan 2.1.8. cara menikmati perjalanan 2.1.9. kegiatan wisata tambahan |
3. Menjalin hubungan dengan kalangan industri dan masyarakat setempat |
3.1. Perjalanan ekowisata dijaga agar dapat berjalan baik dengan membina hubungan dengan: 3.1.1. masyarakat setempat 3.1.2. penyedia transportasi lokal 3.1.3. pengelola Kawasan wisata 3.1.4. petugas local 3.1.5. pemasok wisatawan 3.1.6. penyelenggara tur 3.2. Permintaan dan saran dari rekan, industri, pemasok, masyarakat setempat dan penyelenggara perjalanan ekowisata ditindaklanjuti 3.3. Bantuan diminta dengan cara yang sopan 3.4. Dibuat kesepakatan dengan pihak terkait untuk tugas dan tanggung jawab 3.5. Penyedia jasa dikonfirmasi sejak awal secara akurat |
4. Mengelola rencana perjalanan |
4.1. Kegiatan ekowisata dilaksanakan sesuai dengan rencana 4.2. Peka dan mengantisipasi terjadinya perubahan jadwal perjalanan yang tak terhindarkan 4.3. Apabila diperlukan, program perjalanan dapat direncanakan ulang melalui kesepakatan dengan wisatawan 4.4. Pihak terkait yang dipengaruhi oleh perubahan-perubahan diberikan informasi sesuai dengan prosedur 4.5. Jika terjadi keterlambatan, diupayakan untuk mengkomunikasikannya dan menegosiasikannya dengan pihak terkait |
5. Memberikan informasi umum dan bantuan layanan |
5.1. Informasi dan bantuan diberikan kepada wisatawan untuk membuat suasana yang menyenangkan dalam kegiatan ekowisata, termasuk informasi mengenai hal-hal berikut: 5.1.1. peristiwa dan kegiatan local 5.1.2. pilihan kegiatan pada saat waktu bebas 5.1.3. petunjuk umum 5.1.4. fasilitas lokal |
6. Mengatasi peristiwa yang tidak diharapkan |
6.1. Pada saat peristiwa yang tidak diharapkan terjadi rencana alternatif segera dilaksanakan sesuai dengan standar operasi perjalanan yang ada 6.2. Situasi perubahan dinilai secara cepat dan menentukan tindakan penanganan yang tepat dengan segera 6.3. Sumber bantuan untuk mengatasi peristiwa yang tidak diharapkan dihubungi secara cepat dan tepat |
7. Membuat laporan perjalanan ekowisata |
7.1. Laporan pelaksanaan tugas dengan dibuat secara akurat dan lengkap sesuai dengan aturan yang ditetapkan 7.2. Saran dari wisatawan segera dilaporkan kepada pihak terkait secepatnya 7.3. Saran dari pemandu ekowisata disampaikan kepada pihak terkait untuk membantu peningkatan perjalanan wisata pada masa yang akan datang |
Kode unit: PAR.PE.02.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan informasi untuk disampaikan kepada wisatawan |
1.1. Informasi diseleksi dan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan berdasarkan antara lain : 1.1. 1 Negara asal 1.1. 2 Latar belakang sejarah dan budaya 1.1. 3 Usia 1.1. 4 Tingkat pendidikan 1.1. 5 Minat khusus 1.1. 6 Cakupan yang dibutuhkan wisatawan 1.1. 7 . Hal-hal menarik (Point of interests) yang akan ditemui dan pengalaman yang akan dirasakan selama perjalanan 1.2. Informasi dipilih dan disampaikan sesuai dengan daerah tujuan jalur aktivitas interpretasi yang dipilih dan jadwal perjalanan 1.3. Informasi yang akan diberikan selama perjalanan wisata harus konsisten dan bukan merupakan pengulangan 1.4. Informasi disusun mengikuti prosedur pemanduan yang berlaku agar efisien dan pemberian informasi tepat waktu sesuai dengan obyek atau point of interests |
2. Menyiapkan aktivitas interpretasi |
2.1. Tema alur cerita dan aktivitas ditentukan secara benar 2.2. Sumber informasi aktivitas interpretasi dicari dan dipilih 2.3. Daerah yang dipilih untuk aktivitas interpretasi dipastikan dapat menjamin kesehatan keselamatan dan keamanan 2.4. Rencana operasional disusun dan diinformasikan kepada jejaring kerja di lapangan |
3. Menyajikan informasi dan aktivitas interpretasi kepada wisatawan |
3.1. Informasi yang diberikan adalah informasi yang terkini akurat dan relevan 3.2. Kedalaman dan keluasan informasi yang disajikan harus sesuai dengan kebutuhan wisatawan 3.3. Informasi yang disajikan harus mendukung upaya pelestarian nilai-nilai sosial budaya kearifan tradisional dan sumber daya alam 3.4. Pesan yang disampaikan mengandung unsur edukasi 3.5. Penyajian informasi dilakukan dengan menggabungkan pendekatan yang menghibur dan meningkatkan pengetahuan 3.6. Bahasa yang digunakan harus dapat dipahami oleh rombongan wisatawan 3.7. Aktivitas interpretasi harus menjamin kesehatan keselamatan dan keamanan wisatawan 3.8. . Teknik penyampaian interpretasi digunakan untuk meningkatkan kepuasan wisatawan antara lain mencakup: 3.8. 1 Humor 3.8. 2 Bahasa tubuh 3.8. 3 Teknik bersuara 3.8. 4 Bercerita dan menggunakan anekdot 3.8. 5 Permainan 3.8. 6 Latihan sensitivitas panca indera 3.8. 7 Bermain peran 3.9. Peralatan/perlengkapan digunakan dengan tepat selama pemanduan |
4. Berinteraksi dengan Wisatawan |
4.1. Partisipasi dan interaksi terhadap wisatawan ditingkatkan melalui pertanyaan dan umpan balik dari wisatawan 4.2. Pertanyaan dijawab dengan sopan dan benar dan jika perlu semua anggota rombongan dilibatkan dengan mengulang pertanyaan dan menyampaikan jawabannya sehingga dapat didengar semua 4.3. Jika jawaban atas suatu pertanyaan tidak diketahui ditawarkan jawabannya akan diberikan pada kesempatan berikutnya atau wisatawan diarahkan kepada sumber informasi lainnya 4.4. Jika ada aktivitas tertentu, khususnya yang menekankan pada interprestasi, wisatawan diundang untuk terlibat dalam aktivitas tersebut dengan suasana bersahabat dan kesempatan diciptakan untuk berinter |
Kode unit: PAR.PE.02.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Meminimalkan dampak negatif dalam kegiatan perjalanan ekowisata |
1.1. Langkah-langkah untuk meminimalkan dampak negatif ditentukan dan diterapkan pada: 1.1.1. Penanganan sampah selama kegiatan 1.1.2. Penggunaan jalur yang telah ditetapkan 1.1.3. Penggunaan peralatan yang hemat energi dan ramah lingkungan 1.1.4. Kebisingan dengan membatasi suara dan keributan 1.1.5. Menyarankan tidak membeli cindera mata yang berasal dari spesies dan material yang dilindungi atau langka 1.1.6. Pemilihan lokasi untuk pendirian tenda tempat beristirahat 1.1.7. Pemilihan lokasi untuk menurunkan jangkar 1.1.8. Interaksi dengan satwa liar 1.1.9. Pembagian kelompok sesuai dengan kuota 1.1.10. Pedoman khusus untuk kegiatan tertentu 1.1.11. Saat berinteraksi dengan masyarakat setempat 1.1.12. Zona sensitif dengan tingkat kerentanan dan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi Proses multi programming dikendalikan oleh sistem operasi 1.2. Perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap lingkungan alam maupun masyarakat setempat diinformasikan kepada wisatawan |
2. Memonitor dampak dan perubahan |
2.1. Pengetahuan mengenai gejala perubahan dan dampak yang terkait dengan kegiatan wisata ditingkatkan 2.2. Perubahan-perubahan pada lingkungan dimonitor 2.3. Perubahan pada lingkungan dicatat secara benar 2.4. Apabila diperlukan pemandu dapat mengumpulkan informasi untuk kepentingan lembaga yang berwenang 2.5. Perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan dan masyarakat dilaporkan kepada lembaga yang berwenang |
Kode unit: PAR.PE.03.001.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menjawab telepon |
1.1. Telepon dijawab dengan cepat, tepat, jelas dan sopan sesuai dengan standar perusahaan 1.2. Bantuan ditawarkan kepada penelpon dengan ramah dan menangkap tujuan penelpon dengan tepat 1.3. Isi pembicaraan diulang agar tidak terjadi salah pengertian 1.4. Pertanyaan penelpon dijawab atau diteruskan kepada orang yang tepat 1.5. Permohonan/permintaan dicatat secara akurat dan disampaikan kepada departemen/orang yang dimaksud untuk ditindaklanjuti 1.6. Produk dan jasa perusahaan dipromosikan apabila ada kesempatan 1.7. Pesan disampaikan kepada orang yang berhak menerimanya 1.8. Panggilan telepon yang mengancam dan mencurigakan dilaporkan dengan cepat kepada yang berwenang sesuai dengan prosedur perusahaan |
2. Melakukan panggilan telepon |
2.1. Didapatkan nomor telepon yang benar 2.2. Maksud dirumuskan dengan tepat sebelum menelpon 2.3. Telepon digunakan dengan benar agar dapat menghubungi telepon yang dituju 2.4. Nama perusahaan dan alasan menelpon disampaikan dengan jelas 2.5. Senantiasa menjaga sopan santun bertelepon pada setiap saat menggunakan telepon |
Kode unit: PAR.PE.03.002.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memproses dokumen kantor |
1.1. Dokumen diproses sesuai dengan prosedur perusahaan dengan batas waktu tertentu 1.2. Peralatan kantor digunakan dengan benar untuk memproses dokumen 1.3. Kerusakan peralatan kantor diidentifikasi secara tepat dan memperbaiki atau melaporkannya sesuai dengan prosedur perusahaan |
2. Membuat naskah surat |
2.1. Naskah ditulis dengan bahasa yang singkat dan jelas 2.2. Ejaan termasuk tanda baca dan tata bahasa digunakan yang benar 2.3. Ketepatan informasi diperiksa sebelum mengirim surat |
3. Memelihara sistem dokumen |
3.1. Dokumen disimpan sesuai dengan prosedur keamanan perusahaan 3.2. Referensi dan sistem indeks dimodifikasi dan dimutakhirkan sesuai dengan prosedur perusahaan |
Kode unit: PAR.PE.03.003.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuka berkas (file) |
1.1. Komputer dihidupkan dengan benar 1.2. Perangkat lunak dipilih yang tepat atau diambil dari menu 1.3. Berkas diidentifikasi dan dibuka. secara benar 1.4. Papan tombol (keyboard) atau mouse dioperasikan dengan kecepatan dan keakuratan tertentu |
2. Mendapatkan dan menyesuaikan data |
2.1. Data yang didapat ditempatkan didalam berkas 2.2. Salinan data dicetak sesuai dengan permintaan 2.3. Informasi yang akan diedit diidentifikasi dengan benar 2.4. Informasi yang dimasukkan dengan menggunakan alat pemasukan data yang tepat 2.5. Data disimpan secara teratur untuk menghindari hilangnya informasi |
3. Menutup berkas dan keluar program (exit) |
3.1. Berkas dan program ditutup dan dikeluarkan sesuai dengan prosedur |
Kode unit: PAR.PE.03.004.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuat berkas komputer |
1.1. Komputer dihidupkan dengan benar 1.2. Disket diformat sesuai dengan kebutuhan 1.3. Perangkat lunak yang sesuai dimasukkan atau memilih menu 1.4. Berkas baru dibuka, diberi nama dan diformat sesuai dengan kebutuhan 1.5. Permintaan dibahas dan dijelaskan dengan orang yang bersangkutan apabila diperlukan |
2. Membuat dokumen dari penulisan atau teks lisan |
2.1. Papan tombol (keyboard) atau mouse dioperasikan dengan kecepatan dan keakuratan tertentu yang dibuat sehingga merupakan refleksi yang tepat 2.2. Dokumen yang dibuat merupakan refleksi yang tepat dari teks asli 2.3. Dokumen dibuat berdasarkan batas waktu tertentu 2.4. Dokumen dibuat secara teratur untuk menghindari kehilangan data 2.5. Dokumen disimpan secara teratur untuk menghindarkan kehilangan data 2.6. Ejaan dan tata bahasa diperiksa 2.7. Naskah dibaca sebelum dicetak |
3. Mencetak dan mengirim dokumen |
3.1. Pratilik (preview) yang dicetak digunakan untuk memeriksa format dan susunan dokumen 3.2. Printer diisi dengan perlengkapan yang tepat 3.3. Dokumen dicetak berdasarkan permintaan 3.4. Dokumen dibaca ulang dan dibuat perubahan berdasarkan permintaaan 3.5. Dokumen dikirim kepada orang yang bersangkutan dalam batas waktu tertentu |
4. Menyimpan, keluar dan mematikan |
4.1. Program disimpan, dimatikan, dan keluar dari program sesuai prosedur yang tepat 4.2. Data disusun dan disimpan berdasarkan prosedur organisasi 4.3. Berkas pendukung dibuat berdasarkan prosedur tertentu jika diperlukan |
Kode unit: PAR.PE.03.005.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menilai dan merespons keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan pertama |
1.1. Keadaan darurat dikenali dengan segera dan tepat 1.2. Keadaan dinilai dan ditentukan langkah-langkah yang harus diambil 1.3. Bantuan dari layanan gawat darurat kolega/pelanggan diorganisasikan apabila diperlukan |
2. Memberikan perawatan yang sesuai |
2.1. Kondisi fisik pasien dinilai melalui tanda-tanda penting yang dapat dilihat 2.2. Pertolongan pertama diberikan untuk menstabilkan pasien, baik secara fisik maupun secara mental, dengan mengikuti prosedur organisasi mengenai pertolongan pertama dan prosedur pertolongan pertama yang |
3. Memantau keadaan |
3.1. Diidentifikasi dan diberitahukan layanan pendukung yang sesuai dengan keadaan tersebut 3.2. Disampaikan informasi mengenai kondisi korban kepada petugas unit gawat darurat secara akurat dan jelas |
4. Menyiapkan laporan kejadian |
4.1. Situasi darurat didokumentasikan sesuai dengan prosedur dari perusahaan 4.2. Laporan tersebut harus jelas, akurat serta tepat waktu |
Kode unit: PAR.PE.03.006.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Berkomunikasi dengan wisatawan dan kolega mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan dasar dan sehari-hari di tempat kerja serta kegiatan pelayanan wisatawan |
1.1. Istilah ungkapan dan bahasa tubuh dimengerti dan digunakan untuk memperjelas komunikasi secara lisan yang berkaitan dengan: 1.1.1. permintaan dan komentar didengarkan 1.1.2. informasi faktual diberikan 1.1.3. dibantu pelaksanaan transaksi sederhana 1.1.4. dijawab pertanyaan-pertanyaan sederhana 1.1.5. bertanya untuk memperjelas masalah 1.1.6. diberikan bantuan dalam lingkup tanggung jawabnya 1.1.7. diberi saran untuk hal-hal tertentu dan/atau yang diketahui 1.1.8. diberikan petunjuk arah dan/atau penjelasan sederhana 1.1.9. dicari kebutuhan wisatawan dan kolega secara jelas 1.1.10. kebutuhan akan bantuan yang diperlukan diidentifikasi dari nara sumber atau orang lain yang tepat 1.1.11. diberikan penjelasan yang mudah diikuti dengan perlahan-lahan dan urutan yang benar 1.1.12. informasi tambahan diberikan sesuai dengan kebutuhan wisatawan dan kolega 1.2. Digunakan kalimat yang sopan dan ramah serta mengetahui kapan harus memakai kalimat resmi atau tidak resmi dalam kegiatan seperti: 1.2.1. Penyambutan 1.2.2. diberikan salam perpisahan 1.2.3. permintaan maaf 1.2.4. Ucapan terimakasih |
2. Berbicara melalui telepon |
2.1. Pemberian salam dengan benar, termasuk menyebutkan nama perusahaan 2.2. Ditawarkan bantuan untuk menelepon 2.3. Penelepon diminta untuk menunggu ketika mencari orang yang dikehendaki 2.4. Apabila diperlukan, meminta maaf kepada si penelepon ketika orang yang dikehendaki tidak berada di tempat 2.5. Data si penelepon dicatat |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma