Terdapat 7 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | J.620100.020.02 | Menggunakan SQL |
2 | J.62DMS00.006.1 | Merancang Basis Data |
3 | J.62DMS00.008.1 | Mengelola Reference and Master Data |
4 | J.62DMS00.009.1 | Mengelola Metadata |
5 | J.62DMS00.010.1 | Membuat Basis Data |
6 | J.62DMS00.011.1 | Membuat Integrasi Data |
7 | J.62DMS00.019.1 | Menggunakan Data |
Kode unit: J.620100.020.02
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan Perangkat Lunak Aplikasi data deskripsi / SQL |
1.1. Perangkat lunak aplikasi SQL telah dipasang 1.2. Perangkat lunak aplikasi SQL dijalankan |
2. Menggunakan fitur aplikasi SQL |
2.1. Fitur pengolahan DML diidentifikasikan 2.2. Fitur pengolahan DML dieksekusi sesuai kebutuhan |
3. Mengisi Tabel |
3.1. Tabel diisi data menggunakan perintah DML 3.2. Indeks dibangkitkan 3.3. View Tabel dibentuk sesuai kebutuhan |
4. Melakukan operasi relasional |
4.1. Fitur Pengolahan DML diidentifikasikan 4.2. Perintah DML dipergunakan untuk manipulasi antar tabel 4.3. Perintah DML dipergunakan untuk manipulasi antar view 4.4. Perintah DML ditulis secara efisien |
5. Membuat stored procedure |
5.1. Stored Procedure dibuat dengan perintah SQL 5.2. Prosedur diuji diperiksa input dan outputnya |
6. Membuat Function |
6.1. Function dibuat dengan perintah SQL 6.2. Perintah SQL pada Function ditulis secara efisien |
7. Membuat Trigger |
7.1. Trigger didefinisikan dengan perintah SQL 7.2. Kesesuaian hasil trigger diuji |
8. Melakukan perintah commit dan rollback |
8.1. Perubahan data dengan perintah commit dilakukan 8.2. Pembatalan penulisan data dilakukan dengan rollback |
Kode unit: J.62DMS00.006.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menetapkan persyaratan basis data |
1.1. Analisis Kebutuhan pengguna dilakukan untuk menentukan fungsionalitas basis data 1.2. Persyaratan Teknis diidentifikasi berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna 1.3. Model Konseptual Basis data dibuat sesuai kebutuhan pengguna 1.4. Model Konseptual dikirim kepada klien untuk ditinjau sesuai kebutuhan 1.5. Umpan Balik klien dievaluasi untuk perubahan seperlunya |
2. Membuat model data logis |
2.1. Atribut dan tipe data diidentifikasi sesuai model data 2.2. Normalisasi Atribut dilakukan sesuai model konseptual 2.3. Diagram relasi antar entitas (Entity Relationship Diagram/ERD) atau class diagram dibuat untuk memperjelas kardinalitas relasi 2.4. Atribut, data yang dinormalisasi, dan diagram ERD didokumentasikan sesuai kebutuhan 2.5. Dokumentasi dikirimkan ke klien untuk konfirmasi |
3. Merancang Struktur data |
3.1. Primary key dan foreign key untuk table ditetapkan sesuai model data 3.2. Aturan bisnis klien ditinjau sesuai kebutuhan organisasi 3.3. Kendala Integritas referensial diidentifikasi 3.4. Aturan validasi data dikembangkan sesuai kebutuhan 3.5. Indeks dan kamus data dirancang sesuai kebutuhan 3.6. Desain basis data dibuatkan dokumentasinya |
4. Merancang query tampilan dan laporan |
4.1. Antarmuka pengguna untuk basis data, termasuk menu, layar input dan output dirancang 4.2. Query dirancang berdasarkan kebutuhan 4.3. Laporan keluaran dirancang berdasarkan kebutuhan 4.4. Desain Fisikal dibandingkan dengan model konseptual atau analisis kebutuhan pengguna 4.5. Perubahan digabungkan sesuai kebutuhan/requirement |
Kode unit: J.62DMS00.008.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mendefiniskan Kebutuhan akan reference and master data |
1.1. Kebutuhan reference and master data dianalisis sesuai dengan kebutuhan organisasi 1.2. Sumber-sumber data dianalisis sesuai dengan kebutuhan penyusunan reference and master data 1.3. Definisi-definisi tentang data diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan manajemen data |
2. Membangun reference and master data |
2.1. Definisi-definisi yang telah teridentifikasi dimasukan ke dalam reference data termasuk ontology data 2.2. Data yang teridentifikasi dimasukan ke dalam master data 2.3. Pemetaan pembagian data (shared data) disusun sesuai dengan kebutuhan manajemen data |
3. Menggunakan reference and master data |
3.1. Penyebaran pembagian data (shared data) dilakukan sesuai dengan kebutuhan manajemen data 3.2. Perubahan yang terjadi terhadap reference and master data dikelola sesuai kebutuhan manajemen data |
Kode unit: J.62DMS00.009.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mendefinisikan Kebutuhan akan metadata |
1.1. Kebutuhan metadata dianalisis sesuai dengan kebutuhan organisasi 1.2. Arsitektur metadata ditentukan sesuai dengan hasil analisis kebutuhan metadata 1.3. Standar metadata disusun sesuai dengan kebutuhan manjemen data |
2. Membangun metadata |
2.1. Standar metadata yang telah tersusun diterapkan sesuai dengan kebutuhan manajemen data 2.2. Metadata yang telah terdefinisikan diintegrasikan sesuai dengan kebutuhan manajemen data 2.3. Metadata repository dibangun sesuai dengan kebutuhan manajemen data |
3. Menggunakan Metadata |
3.1. Metadata yang telah terbangun didistribusikan sesuai dengan kebutuhan organisasi 3.2. Metadata digunakan untuk kebutuhan query , laporan dan analisis sesuai dengan kebutuhan organisasi 3.3. Standar Metadata dipelihara sesuai perkembangan manajemen data 3.4. Metadata repository dipelihara sesuai dengan perkembangan manajemen data |
Kode unit: J.62DMS00.010.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuat Basis Data |
1.1. Hasil desain basis data diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi 1.2. Basis data dibuat sesuai dengan desain 1.3. Tools yang sesuai dengan basis data digunakan untuk membuat koleksi data 1.4. Field-field basis data diisi sesuai dengan kebutuhan organisasi |
2. Menguji Basis data |
2.1. Skenario uji dibuat sesuai kebutuhan organisasi 2.2. Basis data diuji berdasarkan dengan skenario uji 2.3. Informasi yang tampil yang merupakan hasil uji basis data dipastikan sesuai dengan persyaratan kebutuhan organisasi |
Kode unit: J.62DMS00.011.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengembangkan arsitektur integrasi data |
1.1. Pemetaan dari sumber data terhadap target data dibuat sesuai dengan kebutuhan integrasi 1.2. Model interaksi dipilih sesuai kebutuhan organisasi 1.3. Data services atau exchange patterns untuk mengalirkan data didesain sesuai dengan standar yang berlaku 1.4. Data orchestration dirancang sesuai dengan kebutuhan |
2. Membuat solusi integrasi data |
2.1. Data services dibuat sesuai dengan model interaksi yang dipilih 2.2. Data flows dibuat sesuai dengan kebutuhan integrasi 2.3. Proses data migration dibuat sesuai dengan kebutuhan 2.4. Proses data publication dibuat sesuai dengan kebutuhan integrasi |
3. Mengimplementasi solusi integrasi data |
3.1. Data services diuji sesuai dengan spesifikasi yang sudah dikembangkan 3.2. Data services yang sudah diuji dioperasikan sesuai dengan standard yang ditetapkan |
4. Memonitor penerapan integrasi data |
4.1. Parameter monitoring ditentukan sesuai dengan rencana integrasi 4.2. Berjalannya sistem dianalisa sesuai dengan standar layanan yang telah ditentukan 4.3. Hasil analisis didokumentasikan sesuai dengan prosedur |
Kode unit: J.62DMS00.019.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menetapkan tools yang akan digunakan |
1.1. Tools untuk menggunakan data diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi 1.2. Tools untuk keperluan menggunakan data ditentukan sesuai dengan kebutuhan organisasi |
2. Mengakses data |
2.1. Kebutuhan akses data diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi 2.2. Kebutuhan basis data untuk memenuhi kebutuhan pengguna dilakukan dengan menggunakan tools yang telah ditentukan 2.3. Pelaksanaan akses basis data didokumentasikan sesuai dengan standar yang berlaku |
3. Memonitor penggunaan data |
3.1. Penggunaan data dimonitor sesuai dengan hak akses 3.2. Laporan penggunaan data didokumentasikan sesuai dengan kebutuhan organisasi |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma