Terdapat 7 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | J.62DMI00.004.1 | Mengumpulkan Data |
2 | J.62DMI00.005.1 | Menelaah Data |
3 | J.62DMI00.006.1 | Memvalidasi Data |
4 | J.62DMI00.007.1 | Menentukan Objek Data |
5 | J.62DMS00.001.1 | Mengidentifikasi Kebutuhan Pengelolaan Data untuk Proses Bisnis |
6 | J.62DMS00.015.1 | Membuat Business Intelligence |
7 | M.70BDA00.013.1 | Menyusun Laporan Hasil Analisis |
Kode unit: J.62DMI00.004.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menentukan Kebutuhan Data |
1.1. Kebutuhan data diidentifikasi sesuai tujuan teknis data science 1.2. Kebutuhan data diperiksa ketersediaannya sesuai aturan yang berlaku 1.3. Kebutuhan data ditentukan volumenya sesuai tujuan teknis data science |
2. Mengambil Data |
2.1. Metode dan tools pengambilan data diidentifikasi sesuai tujuan teknis data science 2.2. Tools pengambilan data ditentukan sesuai tujuan teknis data science 2.3. Tools pengambilan data disiapkan sesuai tujuan teknis data science 2.4. Proses pengambilan data dijalankan sesuai dengan tools yang telah disiapkan |
3. Mengintegrasikan Data |
3.1. Integritas data diperiksa sesuai tujuan teknis data science 3.2. Data diintegrasikan sesuai tujuan teknis data science |
Kode unit: J.62DMI00.005.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menganalisis Tipe dan Relasi Data |
1.1. Tipe data yang terkumpul diidentifikasi sesuai tujuan teknis 1.2. Nilai atribut data yang terkumpul diuraikan sesuai dengan batasan konteks bisnisnya 1.3. Relasi antar data yang terkumpul diidentifikasi sesuai dengan tujuan teknis |
2. Menganalisis karakteristik data |
2.1. Karakteristik data yang terkumpul disajikan dengan deskripsi statistik dasar 2.2. Karakteristik data yang terkumpul disajikan dengan visualisasi grafik 2.3. Hasil penyajian data dianalisis karakteristiknya untuk telaah data |
3. Membuat laporan telaah data |
3.1. Hasil analisis didokumentasikan dalam bentuk laporan sesuai dengan tujuan teknis 3.2. Hipotesis disusun berdasar hasil analisis sesuai tujuan teknis data science |
Kode unit: J.62DMI00.006.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan pengecekan kelengkapan data |
1.1. Penilaian kualitas data dari hasil telaah disajikan sesuai tujuan teknis data science 1.2. Penilaian tingkat kecukupan data dari hasil telaah disajikan sesuai tujuan teknis data science |
2. Membuat rekomendasi kelengkapan data |
2.1. Rekomendasi hasil penilaian kualitas disusun sesuai tujuan teknis data science 2.2. Rekomendasi hasil penilaian kecukupan data disusun sesuai tujuan teknis data science |
Kode unit: J.62DMI00.007.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Memutuskan kriteria dan teknik pemilihan data |
1.1. Kriteria pemilihan data diidentifikasi sesuai dengan tujuan teknis dan aturan yang berlaku 1.2. Teknik pemilihan data ditetapkan sesuai dengan kriteria pemilihan data |
2. Menentukan attributes (columns) dan records (row) data |
2.1. Attributes (columns) data diidentifikasi sesuai dengan kriteria pemilihan data 2.2. Records (row) data diidentifikasi sesuai dengan kriteria pemilihan data |
Kode unit: J.62DMS00.001.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menentukan bentuk aset data organisasi dan aspek-aspek pengelolaannya |
1.1. Latar belakang dan aktivitas organisasi diidentifikasi sesuai dengan fungsi-fungsi organisasi 1.2. Data yang harus dikelola sebagai aset perusahaan didentifikasi sesuai dengan aktivitas organisasi 1.3. Penanganan aset data ditentukan sesuai dengan data management best practice 1.4. Strategi kelola aset data ditentukan sesuai dengan rencana strategis organisasi 1.5. Peningkatan kualitas proses kelola aset data secara berkesinambungan ditentukan berdasarkan strategi kelola aset data |
2. Menentukan aspek tata kelola aset data organisasi |
2.1. Aset data pada tatanan kerja organisasi diidentifikasi berdasarkan kebutuhan organisasi 2.2. Unsur-unsur tanggung jawab tata kelola data dan teknologi informasi diidentifikasi berdasarkan aset data pada tatanan kerja organisasi 2.3. Perbedaan antara unsur-unsur tata kelola data dan tata kelola teknologi informasi ditentukan |
3. Mengidentifikasi tipe model operasional tata kelola data |
3.1. Model operasional tata kelola data secara terpusat diidentifikasi sesuai aspek tata kelola aset data organisasi 3.2. Model operasional tata kelola data secara tereplikasi diidentifikasi sesuai aspek tata kelola aset data organisasi 3.3. Model operasional tata kelola data secara terdistribusi diidentifikasi sesuai aspek tata kelola aset data organisasi |
4. Mengidentifikasi unsur-unsur pengelolaan aset data (data stewardship) |
4.1. Unsur-unsur dalam membuat dan mengelola metadata diidentifikasi sesuai prinsip data stewardship 4.2. Aspek utama dalam mendokumentasikan aturan dan standar diidentifikasi sesuai prinsip data stewardship 4.3. Isu-isu pada manajemen kualitas data diidentifikasi sesuai prinsip data stewardship 4.4. Executing operational data governance activities ditentukan sesuai prinsip data stewardship |
Kode unit: J.62DMS00.015.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Merancang kebutuhan bisnis intelligence |
1.1. Kebutuhan Bisnis Intelligence (BI) diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi 1.2. Kebutuhan data diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan BI 1.3. Prioritas hasil identifikasi kebutuhan data dan BI dibuat sesuai dengan kebutuhan organisasi 1.4. Arsitektur Teknis dan Proses didefinisikan sesuai dengan prioritas |
2. Membangun business intelligence |
2.1. Tools BI dipilih sesuai dengan kebutuhan organisasi 2.2. BI dibuat sesuai dengan arsitektur teknis dan proses serta tools-nya 2.3. Pengembangan BI diatur siklus implementasinya sesuai dengan prioritas |
3. Memonitor aktivitas business intelligence |
3.1. Metrik performa BI didefinisikan sesuai dengan kebutuhan organisasi 3.2. Distribusi penggunaan BI diatur penyebarannya sesuai dengan kebutuhan organisasi 3.3. Metrik performa BI dimonitor sesuai dengan kebutuhan organisasi |
Kode unit: M.70BDA00.013.1
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi kebutuhan laporan data hasil analisis |
1.1. Kebutuhan hasil analisis diidentifikasi dari hasil wawancara kepada pihak relevan 1.2. Susunan hasil analisis ditentukan berdasarkan sudut pandang permasalahan 1.3. Kebutuhan laporan data hasil analisis didokumentasikan dalam format sesuai panduan organisasi |
2. Mengkomunikasikan kebutuhan pelaporan kepada pemangku kepentingan |
2.1. Metode dan pola komunikasi kepada pemangku kepentingan diidentifikasi sesuai karakteristik pemangku kepentingan 2.2. Diskusi terkait kebutuhan pelaporan dilakukan secara intensif 2.3. Berbagai macam media komunikasi digunakan dalam komunikasi kebutuhan pelaporan 2.4. Persetujuan dari pihak relevan didapatkan terlebih dahulu sebelum proses komunikasi |
3. Menyusun dokumentasi data analisis |
3.1. Bentuk dokumentasi diterapkan sesuai dengan panduan organisasi 3.2. Tingkat kompleksitas data diidentifikasi untuk format dokumentasi 3.3. Data analisis didokumentasikan sesuai format yang tepat |
4. Merangkum hasil analisis dalam laporan |
4.1. Draft Rangkuman hasil analisis disusun bersama dalam tim kerja 4.2. Rangkuman hasil analis diperiksa oleh pihak relevan 4.3. Rangkuman hasil analisis disusun dalam bentuk laporan |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma