Terdapat 10 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | M.70SDM01.008.2 | Membuat Bagan Struktur Organisasi |
2 | M.70SDM01.010.2 | Menyusun Uraian Jabatan |
3 | M.70SDM01.013.2 | Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM |
4 | M.70SDM01.017.2 | Melakukan Proses Rekrutmen |
5 | M.70SDM01.018.2 | Melakukan Proses Seleksi |
6 | M.70SDM01.019.2 | Menyusun Rekomendasi Hasil seleksi |
7 | M.70SDM01.020.2 | Melakukan Penawaran Kerja Kepada Calon Pekerja |
8 | M.70SDM01.021.2 | Mengelola Program Orientasi Kerja |
9 | M.70SDM01.026.2 | Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu |
10 | M.70SDM01.031.2 | Menyusun Kebutuhan Pembelajaran dan Pengembangan |
Kode unit: M.70SDM01.008.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Membuat bagan Struktur Organisasi |
1.1. Alternatif Bagan Stuktur Organisasi dianalisis berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan pada model organisasi 1.2. Bagan Struktur Organisasi yang baru dibuat sesuai dengan alur proses bisnis yang telah diidentifikasikan dan kriteria kriteria yang telah ditetapkan 1.3. Naskah bagan Struktur Organisasi ditetapkan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku |
2. Menerapkan bagan Struktur Organisasi |
2.1. Bagan Struktur Organisasi disampaikan kepada pihak yang berkepentingan berdasarkan rencana aksi yang telah ditetapkan 2.2. Bagan Struktur Organisasi di detailkan pada Organisasi di bawahanya dan digunakan jajaran organisasi sebagai referensi kegiatan operasional organisasi |
Kode unit: M.70SDM01.010.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan Analisis Jabatan |
1.1. Metode dan perangkat analisis jabatan ditetapkan dalam bentuk dokumen tertulis 1.2. Informasi pekerjaan dari setiap jabatan diidentifikasi dari berbagai nara sumber di dalam organisasi 1.3. Data dan informasi jabatan dianalisis berdasarkan metode dan perangkat analisis jabatan yang ditetapkan |
2. Menetapkan Uraian Jabatan |
2.1. Komponen uraian jabatan ditentukan sesuai format job description yang telah ditetapkan 2.2. Uraian jabatan setiap posisi jabatan dibuat berdasarkan data dan informasi jabatan yang telah dikumpulkan 2.3. Uraian jabatan ditetapkan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP)yang berlaku di organisasi |
Kode unit: M.70SDM01.013.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menganalisis faktor- faktor penyusunan SOP |
1.1. Menganalisis faktor- faktor penyusunan SOP 1.2. Hasil identifikasi dianalisis untuk penyusunan Standar Operasional Prosedur MSDM |
2. Menyusun SOP |
2.1. Format SOP MSDM ditentukan sesuai kebutuhan dan Kebijakan organisasi 2.2. SOP MSDM disusun sesuai format dan pengelolaan proses bisnis yang berlaku di organisasi 2.3. SOP MSDM diterapkan setelah mendapat validasi dan pengesahan dari pimpinan organisasi yang berwenang dengan sosialisasi yang efektif |
Kode unit: M.70SDM01.017.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan program rekrutmen |
1.1. Semua kebutuhan pelaksanaan rekrutmen disiapkan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) organisasi 1.2. Program rekrutmen ditawarkan ke sumber pemenuhan kebutuhan SDM sesuai standar operasional prosedur organisasi |
2. Melaksanakan program rekrutmen |
2.1. Data aplikasi beserta data pendukung lainnya dari kandidat dikompilasi untuk dikaji sesuai SOP organisasi 2.2. Hasil kajian terhadap aplikasi kandidat digunakan untuk proses seleksi sesuai SOP organisasi |
Kode unit: M.70SDM01.018.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan proses seleksi |
1.1. Metode dan alat seleksi diidentifikasi sesuai karakteristik jabatan yang akan diisi 1.2. Metode dan alat seleksi ditentukan untuk digunakan pada proses seleksi |
2. Melaksanakan proses seleksi |
2.1. Proses seleksi dilakukan berdasarkan hasil proses rekrutmen dengan menggunakan metode dan alat seleksi yang telah ditentukan 2.2. Hasil seleksi disampaikan sebagai masukan bagi organisasi untuk di tindaklanjuti |
Kode unit: M.70SDM01.019.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan evaluasi hasil proses seleksi |
1.1. Keseluruhan data hasil seleksi dikaji berdasarkan rencana kebutuhan organisasi, dan persyaratan jabatan yang ditetapkan 1.2. Setiap hasil seleksi dianalisis dengan membandingkan hasil satu dengan lainnya untuk mendapatkan kandidat yang paling sesuai dengan persyaratan jabatan yang ditetapkan |
2. Menyampaikan rekomendasi hasil proses seleksi |
2.1. Rekomendasi dibuat berdasarkan kesesuaian antara hasil keseluruhan data seleksi dengan standar kompetensi jabatan, persyaratan jabatan, dan kondisi-kondisi lain yang dipertimbangkan 2.2. Hasil rekomendasi disampaikan kepada para pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan persetujuan dan proses lebih lanjut |
Kode unit: M.70SDM01.020.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan dokumen penawaran kerja |
1.1. Data dan informasi calon pekerja yang lolos seleksi dan disetujui lini untuk mengisi jabatan dipelajari untuk menyiapkan dokumen penawaran kerja sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) Organisasi 1.2. Dokumen penawaran kerja disiapkan sesuai SOP |
2. Menyelesaikan penawaran kerja |
2.1. Penawaran kerja disampaikan kepada calon pekerja untuk mendapatkan kesepakatan 2.2. Dokumen perjanjian kerja yang disepakati dengan calon pekerja ditandatangani sesuai SOP organisasi |
Kode unit: M.70SDM01.021.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyusun program orientasi |
1.1. Kebutuhan program orientasi diidentifikasi sesuai kebutuhan organisasi 1.2. Program orientasi disusun sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) organisasi |
2. Melaksanakan program orientasi kerja |
2.1. Rincian program orientasi kerja disiapkan untuk dilaksanakan sesuai program dan jadual operasional organisasi 2.2. Program orientasi kerja dilaksanakan sesuai rincian yang telah disiapkan |
Kode unit: M.70SDM01.026.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menurunkan sasaran kinerja organisasi menjadi sasaran kerja individu |
1.1. Sasaran dan indikator kinerja organisasi diidentifikasi 1.2. Sasaran dan indikator kinerja organisasi diturunkan (di-cascade) kepada unit-unit kerja sesuai dengan tanggung jawab masing-masing 1.3. Sasaran dan indikator kinerja di setiap unit kerja diturunkan (di- cascade) kepada setiap individu di unit kerja sesuai dengan tanggung jawabnya |
2. Melakukan kesepakatan rencana kinerja individu |
2.1. Sasaran dan indikator kinerja individu dikaji kembali kesesuaian dan keterkaitannya dengan sasaran dan indikator kinerja unit kerja 2.2. Sasaran dan indikator kinerja individu disampaikan kepada atasan langsung untuk didiskusikan dan disepakati |
Kode unit: M.70SDM01.031.2
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menganalisis kebutuhan pembelajaran dan pengembangan |
1.1. Data dan informasi terkait kebutuhan pembelajaran dan pengembangan pekerja diidentifikasi sesuai dengan metode yang digunakan 1.2. Hasil identifikasi dianalisis untuk menentukan kebutuhan pembelajaran dan pengembangan pekerja |
2. Menyusun kebutuhan pembelajaran dan pengembangan |
2.1. Kebutuhan pembelajaran dan pengembangan dikompilasi berdasarkan pengelompokan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi 2.2. Prioritas pembelajaran dan pengembangan ditentukan sesuai dengan tingkat kepentingan dan ketersediaan sumberdaya di organisasi |
© 2024 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma