Terdapat 11 unit dalam skema ini:
No. | Kode Unit | Nama Unit |
---|---|---|
1 | J.591120.008.01 | Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
2 | J.591120.009.01 | Membuat model digital organik 3 dimensi |
3 | J.591120.011.01 | Membuat pencitraan UV mesh |
4 | J.591120.012.01 | Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
5 | J.591120.013.01 | Membuat pencitraan tekstur permukaan |
6 | J.591120.014.01 | Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) |
7 | J.591120.015.01 | Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) |
8 | J.591120.020.01 | Membuat pencitraan cahaya digital |
9 | J.591120.021.01 | Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) |
10 | J.591120.031.01 | Membuat sudut pandang kamera digital |
11 | J.591120.043.01 | Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) |
Kode unit: J.591120.008.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan desain produksi ke dalam bentuk model 3 dimensi hardsurface |
1.1. Proporsi ukuran dan teknik kerja model 3D diidentifikasi dari desain produksi 1.2. Elemen gambar tampak desain produksi disipakan dalam format digital |
2. Mengidentifikasi acting dan ekspresi setiap karakter |
2.1. Ketetapan ukuran dan volume bentuk sesuai desain produksi diidentifikasi 2.2. Proses pengerjaan disimpan secara berkala (progressive file) |
Kode unit: J.591120.009.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Menyiapkan desain produksi ke dalam bentuk model 3 dimensi organik |
1.1. Proporsi, ukuran dan teknik kerja model 3D diidentifikasi dari desain produksi 1.2. Elemen gambar tampak desain produksi disiapkan dalam format digital |
2. Membuat bentuk/ model 3D organik |
2.1. Ketepatan ukuran dan volume bentuk sesuai desain produksi diidentifikasi 2.2. Proses pengerjaan disimpan secara berkala (progressive file) |
Kode unit: J.591120.011.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi struktur model 3 Dimensi (topology) |
1.1. Topologi garis dalam model 3D dapat diidentifikasikan 1.2. Projeksi model 3D kedalam bentuk planar 2 dimensi dianalisa |
2. Mengubah bentuk 3 Dimensi menjadi pola 2 Dimensi |
2.1. Pemetaan bentuk 3 Dimensi dibuat dalam pola 2 Dimensi menggunakan aplikasi 3D software 2.2. Peletakan pola 2 Dimensi disesuaikan terhadap standard prosedur kerja |
Kode unit: J.591120.012.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mempersiapkan elemen render |
1.1. Komponen render output diidentifikasikan sesuai prosedur kerja team paska produksi 1.2. Elemen render (render pass) ditentukan |
2. Mengatur setting render dan organisir data hasil akhir |
2.1. Pengaturan parameter rendering disesuaikan berdasarkan arahan technical director 2.2. Format file render output (image file) dipilih sesuai arahan technical director 2.3. Lama waktu peng renderan diidentifikasi 2.4. Penamaan file sesuai standard penamaan digital |
Kode unit: J.591120.013.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi struktur pola permukaan 2 Dimensi (Unwrap UV) |
1.1. Pemetaan UVW permukaan objek 3 Dimensi dan dimensi UVW permukaan diidentifikasi 1.2. Struktur topologi 3 Dimensi objek dipetakan pada bidang 2 Dimensi |
2. Mengidentifikasi acting dan ekspresi setiap karakter |
2.1. Pemilihan warna dan jenis tekstur pada permukaan diidentifikasi 2.2. Pemilihan format images disesuaikan arahan teknikal director |
3. Membuat digital imaging texture |
3.1. Tahapan kerja pembuatan digital imaging serta resolusi gambar yang dipergunakan diidentifikasikan sesuai prosedur kerja 3.2. Penamaan gambar (images) disesuaikan dengan standard prosedur penamaan |
Kode unit: J.591120.014.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi structure topology objek |
1.1. Topology mesh pada objek 3 dimensi diidentifikasi 1.2. Artikulasi mesh pada objek 3 dimensi dianalisa |
2. Mengidentifikasi mekanisme gerak digital |
2.1. Hubungan permukaan objek terhadap sambungan mekanika (rigging) diidentifikasi 2.2. Pendekatan human anatomy dalam teknik digital dianalisa |
3. Membuat teknik sambungan antar objek 3D dan mekanika (rigging) |
3.1. Terapan sambungan permukaan (skinning) dalam software 3 Dimensi disesuaikan dengan standard prosedur kerja 3.2. Pengaruh sambungan permukaan (skinning) terhadap mekanika gerak digital (rigging) dievaluasi secara berkala 3.3. Hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan/ penyempurnaan terhadap struktur topologi model 3 dimensi |
Kode unit: J.591120.015.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi artikulasi dari objek 3 Dimensi |
1.1. Pola gerakan objek teridentifikasi 1.2. Mekanika gerak objek terhadap desain objek teridentifikasi |
2. Menyusun struktur mekanika (rigging) sesuai dengan artikulasi dari objek 3 Dimensi |
2.1. Struktur mekanika sesuai proporsi objek 3 dimensi teridentifikasi 2.2. Struktur mekanika sesuai topology objek 3 dimensi teridentifikasi |
3. Membuat mekanika pengaturan gerak dari objek 3 Dimensi |
3.1. Penempatan kontroler disesuaikan dengan fungsi mekanika gerak 3.2. Identifikasi pengaruh sambungan permukaan (skinning) terhadap mekanika gerak digital (rigging) terevaluasi secara berkala 3.3. Hasil evaluasi digunakan untuk perbaikan/ penyempurnaan terhadap struktur topologi model 3 dimensi |
Kode unit: J.591120.020.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi karakteristik pencahayaan sesuai konsep desain |
1.1. Karakteristik pencahayaan disimulasikan sesuai konsep artistik dalam teknik digital komputer animation 1.2. Ciri khas pencahayaan teridentifikasi secara digital sesuai konsep desain |
2. Melakukan pengaturan cahaya secara digital |
2.1. Sifat fisik cahaya diterapkan secara benar dengan pilihan type lampu yang sesuai 2.2. Parameter pencahayaan digital diterapkan dengan pendekatan estetika visual yang benar |
Kode unit: J.591120.021.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi sifat permukaan pada objek 3 Dimensi sesuai konsep desain |
1.1. Sifat bahan pada permukaan yang teridentifikasi 1.2. Analisa sifat bahan terhadap cahaya teridentifikasi |
2. Menerapkan sifat permukaan pada objek 3 Dimensi |
2.1. Penerapan sifat bahan secara digital pada permukaan objek 3 Dimensi teridentifikasi 2.2. Pemilihan type shading sesuai jenis render engine teridentifikasi |
Kode unit: J.591120.031.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Mengidentifikasi kebutuhan sudut pandang yang diperlukan berdasarkan storyboard |
1.1. Sudut padang dan pergerakan kamera dalam storyboard diidentifikasi 1.2. Jenis lensa dalam storyboard dianalisa |
2. Mengimplementasi kamera digital pada bidang gambar / kerja digital |
2.1. Penempatan sudut pandang dalam bidang digital diidentifikasi sesuai acuan storyboard 2.2. Pergerakan kamera dilakukan sesuai kualifikasi emosi cerita |
Kode unit: J.591120.043.01
Elemen Kompetensi | Kriteria Unjuk Kerja |
---|---|
1. Melakukan riset terhadap estetika visual |
1.1. Visi sutradara dalam bentuk estetika visual diidentifikasi 1.2. Eksplorasi dilakukan untuk memilih kombinasi dalam pengembangan gaya visual berupa warna, komposisi dan cahaya 1.3. Penggagasan cerita serta visual cerita diterjemahkan dalam panduan visual |
2. Membuat arahan panduan artistic dan gaya visual |
2.1. Gaya visual secara menyeluruh meliputi aspek bentuk, warna, cahaya, komposisi dituangkan dalam panduan artistik 2.2. Komponen warna disususn dalam skip warna (colour script) 2.3. Standard artistik dituangkan dalam format baku berupa modul panduan 2.4. Proses kreatif pada penggagas desain produksi diarahkan |
© 2025 Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Gunadarma